TANGSELIFE.COM – Calon Presiden Prabowo Subianto mendapat ucapan selamat dari setidaknya 7 pemimpin di berbagai negara.

Ucapan selamat disampaikan untuk Prabowo Subianto yang berhasil memimpin penghitungan suara cepat atau quick count Pilpres 2024.

Seperti diketahui, berdasarakan hasil quick count sejumlah lembaga survei, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming memimpin hasil perolehan suara.

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming melesat cukup jauh dari kompetitor yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

7 Pemimpin Negara Ucapkan Selamat ke Prabowo Subianto

Berikut daftar 7 pemimpin negara yang mengucapkan selamat pada Prabowo Subianto:

1. Anthony Albanese

Ucapan selamat untuk Prabowo di antaranya datang dari Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese.

Secara khusus, Anthony Albanese berbicara langsung dengan Prabowo melalui sambungan telepon.

“Saya merasa terhormat menjadi pemimpin asing pertama yang berbicara hari ini dengan @prabowo, yang memiliki keunggulan jelas dalam penghitungan resmi dan tidak resmi, mengenai ambisi saya untuk masa depan hubungan Australia – Indonesia,” tulis Albanese lewat akun di X.

2. Lee Hsien Loong

Ucapan selamat untuk Prabowo pun disampaikan oleh Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong.

Channel News Asia melaporkan bahwa Sekretaris Pers Kantor PM Singapura Chang Li Lin mengatakan PM Lee telah mengucapkan selamat kepada Prabowo atas keunggulannya pada Pemilu di Indonesia.

Dalam kesempatan itu, PM Lee pun berbicara langsung dengan Prabowo dan membahas pentingnya menjaga hubungan bilateral yang kuat dan positif antara kedua negara.

Keduanya sepakat mengenai perlunya mengidentifikasi bidang-bidang baru untuk kerja sama yang saling menguntungkan.

3. Mark Rutte

Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte turut mengucapkan selamat untuk Prabowo.

“Saya ucapkan selamat Prabowo Subianto atas proyeksi hasil Pemilu Indonesia kemarin,” ujar Mark Rutte lewat akun X.

Selain ucapan selamat, Mark Rutte berharap Indonesia-Belanda senantiasa menjadi negara sahabat yang saling menguatkan.

“Saya berharap ke depannya dapat terus mengembangkan persahabatan dan ikatan yang kuat antara kedua negara kita,” ujar Mark Rutte.

4. Petr Fiala

Atas kemenangan Prabowo di Pemilu 2024, Perdana Menteri (PM) Ceko Petr Fiala juga mengucapkan selamat lewat unggahan di akun X.

Pemimpin Ceko ini berharap peralihan pemerintahan dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin ke pasangan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka berjalan lancar.

Di samping itu, Petr Fiala turut menyatakan kesiapan pemerintahannya untuk memperkuat hubungan bilateral kedua negara yang telah lama terjalin.

5. Anwar Irahim

Ucapan selamat untuk Prabowo atas keunggulannya di Pemilu 2024 turut disampaikan Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim.

6. Ranil Wickremesinghe

Presiden Srilanka Ranil Wickremesinghe diketahui telah menyampaikan ucapan selamat atas kemenangan Prabowo di Pimilu 2024.

7. Matthew Miller

Juru Bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat Matthew Miller (AS) turut mengucapkan selamat untuk Prabowo.

Ucapan selamat disampaikan lewat pernyataan resmi di website pemerintahan AS.

“Kami berharap dapat bekerja sama dengan Presiden terpilih dan pemerintahan Indonesia berikutnya, serta lembaga legislatif, untuk mencapai prioritas bersama yang bermanfaat bagi masyarakat kedua negara.”

“Termasuk mengatasi perubahan iklim, memastikan kawasan Indo-Pasifik yang sejahtera dan aman, dan menjaga stabilitas internasional,” bunyi pernyataan Matthew Miller.