TANGSELIFE.COM – Perayaan Ritual Gotong Toapekong kembali diselenggarakan pada Sabtu, 21 September 2024.

Pihak kepolisian telah menyiapkan pengalihan arus lalu lintas demi kelancaran prosesi arak-arakan yang akan dihadiri ribuan orang pengunjung.

Pihaknya mengamankan 41 titik lokasi.

Adapun 4 titik pengalihan arus lalu lintas dimulai dari titik satu Kampung Bekelir, Pertigaan Bintang, Pertigaan Toko Kaca.

Di jalur tersebut, pengendara dari arah jalan Perintis Kemerdekaan Cikokol menuju Kalipasir diarahkan ke Pertigaan Bintang ke Tugu Adipura.

Pengendara dari arah jalan Perintis Kemerdekaan yang akan menuju jalan Kisamaun juga diarahan ke jalan Veteran mengarah Tugu Adipura.

Titik kedua, pengalihan arus lalu lintas di Jalan Daan Mogot/Simpang Robinson. Kemudian titik ketiga di Pertigaan GOR Jalan Dimyati dan titik keempat di Perempatan Tanjakan Pasar Anyar (Jalan Sholeh Ali dan Jalan Arif Rahman Hakim).

Di keempat titik pengalihan arus lalu lintas itu, petugas akan mengarahkan pengendara melalui jalan alternatif yang telah disiapkan.

Rute Arak-arakan Gotong Toapekong

Diselenggarakan 12 tahun sekali, pengunjung bisa menyaksikan ritual ikonik khas kebudayaan Tionghoa (Cina Benteng).

Perayaan Gotong Toapekong ini diperkirakan akan menyita perhatian masyarakat dari dalam maupun luar Kota Tangerang.

Ritual yang berusia ratusan tahun ini akan menyajikan perayaan budaya yang luar biasa, berupa arak-arakan patung bersejarah, Dewi Kwan Im Hud Couw, di sepanjang beberapa ruas jalan Kota Tangerang.

Tahun ini menjadi Ritual Gotong Toapekong paling istimewa karena perayaan tersebut baru saja ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTb) Kota Tangerang.

Perkumpulan Boen Tek Bio serta panitia resmi juga telah merilis rute yang akan dilewati rombongan arak-arakan tersebut di sekitar kawasan bersejarah, Pasar Lama, Kota Tangerang.

Ini rute proses perayaan Gotong Toapekong:

1. Titik awal di Klenteng Boen Tek Bio kemudian akan mulai melewati Jalan Cilangkap menuju Jalan Kali Pasir.

2. Jalan Kali melewati belakang Masjid Agung Al-Ittihad kemudian menuju pertigaan Kiasnawi (depan Pendopo Bupati Tangerang) di Jalan Kisamaun.

3. Jalan Kisamaun menuju Jalan A. Dimyati (GOR Tangerang) melewati Jalan M.T Haryono sampai di pertigaan Bank Mandiri Pasar Lama/Sumber Kaca di Jalan Kisamaun.

4. Jalan Kisamaun melewati pertigaan Litang Khongcu Bio menuju Klenteng Boen Tek Bio lagi.

5. Titik akhir (finish) akan berhenti di Klenteng Boen Tek Bio

Panitia telah menyediakan posko medis, posko keamanan, dan posko konsumsi serta water station yang ditempatkan di sejumlah titik strategis di sekitar rute pelaksanaan perayaan Gotong Toapekong.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Dwi Oktaviani
Editor
Dwi Oktaviani
Reporter