TANGSELIFE.COMBasuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok telah resmi mengundurkan diri dari posisi Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) per Jumat 2 Februari 2024.

Kabar pengunduran diri Ahok dari jabatannya sebagai komisaris utama (komut) PT Pertamina (Persero) dibagikan melalui unggahan di Instagram pribadi @basukibtp, Jumat 2 Februari 2024.

Dalam unggahannya, Ahok memamerkan potretnya yang tengah memperlihatkan surat pengunduran diri sebagai Komut PT Pertamina (Persero).

“Unggahan ini merupakan bukti tanda terima Surat Pengunduran Diri saya sebagai Komisaris Utama PT. Pertamina (Persero) yang saya serahkan hari ini, 2 Februari 2024,” tulis @basukiptp.

Bukan tanpa alasan, mantan Gubernur DKI Jakarta ini melepas posisi Komut Pertamina tak lain agar bisa leluasa berkampanye.

Dengan pengunduran dirinya, mantan suami Veronica Tan itu pun sekaligus menegaskan arah politiknya.

Basuki Tjahaja Purnama yang merupakan kader PDI-Perjuangan ini mendukung pasangan calon (paslon) nomor 3 yakni Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

“Dengan ini, saya menyatakan mendukung serta akan ikut mengampanyekan pasangan calon presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.”

“Hal ini agar tidak ada lagi kebingungan terkait arah politik saya. Merdeka! Merdeka! Merdeka!,” tutup pria yang juga akrab disapa BTP itu.

Ahok pamit
Ahok tunjukkan surat pengunduran diri sebagai Komisaris Utama PT Pertamina

Alasan Ahok Baru Lepas Jabatan Komut PT Pertamina

Diberitakan Tempo pada 26 Januari 2024 lalu, BTP membeber alasannya tidak mundur sebagai Komut Pertamina karena tidak ditugaskan ikut kampanye.

Jika ditugaskan untuk turut berkampanye, BTP menegaskan bahwa tentu ia akan mundur dari jabatannya.

“Iya pasti akan disiplin ikut (kampanye dan mundur dari jabatan,” tutur BTP.