TANGSELIFE.COM – Calon Presiden (Capres) dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, beri tanggapan atas bergabungnya Partai Demokrat ke Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Dengan bergabungnya Partai Demokrat ke KIM, partai yang dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Anies Baswedan menegaskan pihaknya menghormati keputusan Partai Demokrat yang menyatakan dukungan untuk Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

“Kita dari awal sampaikan menghormati,” kata Anies Baswedan usai jadi pembicara forum Indonesia Enegry Transition Dialogue 2023, Senin 18 September 2023.

“Ini adalah sebuah demokrasi dimana partai, pimpinan partai, dan masyarakat memiliki hak yang sama untuk menentukan pilihannya dan menentukan arah di dalam pilpres dan pemilu ini,” tuturnya.

Walau Demokrat berlabuh di koalisi lain, Anies memastikan bahwa Koalisi Perubahan akan tetap solid dengan Partai NasDem, PKB, dan PKS.

“Jadi kami menghormati, kami menghargai, dan Koalisi Perubahan solid akan terus menyongsong 14 Februari 2024,” pungkasnya.

Lepas dari Anies Baswedan, Partai Demokrat Berlabuh di Prabowo Subianto

Sebelumnya, Partai Demokrat masuk dalam Koalisi Perubahan bersama Partai NasDem dan PKS.

Usai PKB bergabung dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dideklarasikan sebagai calon Wakil Presiden Anies Baswedan, Demokrat memilih mundur.

Keputusan Demokrat bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) dinyatakan di rumah pribadi Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, Minggu 17 September 2023.

Dukungan Demokrat untuk Prabowo ditandai dengan hadirnya rombongan Partai Demokrat yang dipimpin Ketua Majelis Tinggi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Acara pada hari ini adalah menerima secara resmi pernyataan dukungan dari Partai Demokrat untuk Pak Prabowo menjadi calon presiden di Pilpres 2024,” kata Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga.

Dengan merapatnya Demokrat ke KIM, juga menepis isu partai pimpinan AHY bergabung ke koalisi PDIP.

Diketahui, AHY juga sempat bersilaturahmi dengan Ketua DPP PDIP, Puan Maharani.