TANGSELIFE.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bersama Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) melakukan pengecekan kelayakan kendaraan bus di Terminal Pondok Cabe, Kamis 14 Maret 2024.

Sekretaris Dishub Tangsel, Ika menyebut, pengecekan kelayakan bus dilakukan guna memastikan kendaraan yang akan beroperasi dalam keadaan sehat.

Terlebih, lanjutnya, intensitas operasional kendaraan nantinya akan semakin meningkat seiring mendekatnya waktu Idul Fitri atau Lebaran.

“Kegiatan ini rutinitas setiap setahun sekali menjelang mau mudik lebaran dilakukan ram check, yaitu pengecekan terhadap kondisi kendaraan,” kata Ika di Terminal Tipe A Pondok Cabe, Kamis 14 Maret 2024.

Dishub Tangsel Cek Kelayakan Bus 30 Kendaraan per Hari

Ika menyebut, pengecekan kelayakan bus di antaranya meliputi kelengkapan surat-surat, KIR dan kelengkapan emergency bus seperti palu darurat dan APAR di masing-masing bus demi kenyamanan dan keamanan penumpang.

Selain kendaraan, nantinya kondisi para sopir juga akan dilakukan pengecekan kesehatan.

Cek kesehatan supir akan dilakukan oleh pihak pengelola terminal.

”Karena ini adalah sebuah pelayanan juga buat masyarakat, agar mereka tenang dan merasa yakin bahwa kendaraan yang ditumpanginya ini dalam kondisi baik,” tegasnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya menargetkan dapat melakukan pengecekan terhadap 30 kendaraan setiap harinya.

Nantinya, kendaraan yang memenuhi syarat akan dipasangkan sebuah sticker sebagai tanda bahwa bus tersebut layak beroperasi.

“Akan dimasifkan 2 minggu hingga 1 minggu menjelang lebaran, jadi persiapan kendaraan ini adalah fungsi kami di Dishub untuk memastikan bahwa kendaraan dalam kondisi prima dan layak jalan,” pungkasnya.

stiker
Dishub Tangsel menempelkan stiker pada bus yang lulus uji kelayakan
Andre Pradana
Reporter