TANGSELIFE.COM – Indonesia berhasil memproklamasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945.

Perjuangan kemerdekaan ini berlangsung cukup panjang, oleh karenanya terdapat banyak makna dan arti kemerdekaan bagi bangsa Indonesia itu sendiri.

Proklamasi 17 Agustus 1945 merupakan pernyataan de facto yang punya makna khusus.

Artinya, sebagai bentuk pengakuan suatu negara terhadap lain yang sudah memenuhi syarat-syarat sebagai negara.

Meski pembacaan proklamasi kala itu berlangsung sebentar, namun peristiwa itu membawa perubahan besar bagi bangsa Indonesia.

Dibacakannya teks proklamasi menyatakan bahwa Indonesia telah terbebas dari penjajahan. Hal ini juga menjadi tonggak dalam kehidupan Indonesia di setiap segi kehidupan.

Dengan demikian setiap Hari Kemerdekaan yang diperingati setiap 17 Agustus merupakan momen kita sebagai warga Indonesia untuk mewujudkan rasa nasionalisme.

Kesempatan tersebut juga merupakan wujud penghargaan terhadap perjuangan pahlawan yang mengorbankan seluruh jiwa dan raga demi Sang Saka Merah Putih.

Makna dan Arti Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia

1. Sebagai puncak perjuangan bangsa

Bangsa Indonesia sudah berjuang sepenuh tenaga untuk membebaskan diri dari penjajah.

Tentunya membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan pengorbanan yang tak sedikit untuk menggapainya.

Kemerdekaan yang berhasil digapai ini menjadi wujud dari puncak perjuangan bangsa. Ini menjadi tahapan akhir perjalanan panjang perjuangan kemerdekaan dalam melawan penjajah.

Meski begitu, penting untuk warga Indonesia, terutama generasi muda untuk selalu mempertahankan kemerdekaan dengan semangat nasionalisme dari dalam hati.

2. Raih kebebasan

Kebebasan jadi arti kemerdekaan yang sebenarnya. Sebagai negara yang sudah merdeka, Indonesia sudah bebas dari segala bentuk penindasan dari negara asing.

Negara ini juga sudah bebas menentukan nasib, serta bebas menciptakan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dengan kebebasan tersebut, warga Indonesia dapat membangun kembali bangsa yang telah lama menderita.

3. Perwujudan masyarakat yang adil dan makmur

Selama penjajahan berlangsung, masyarakat Indonesia hidup di tengah kesengsaraan. Bayangkan apabila Indonesia tak merdekat, mungkin saja saat ini kita tidak bisa hidup dengan nikmat dan nyaman.

Oleh karena itu, arti kemerdekaan sendiri bisa dikatakan sebagai gerbang untuk menuju masyarakat yang adil dan makmur.

4. Revolusi baru

Kemerdekaan Indonesia menandakan sebuah revolusi baru. Disebut sebagai revolusi karena terjadi perubahan yakni pemindahan kekuasaan dari negara jajahan ke negara yang berdaulat.

Revolusi juga meliputi dibentuknya badan kelengkapan negara untuk menggantikan perangkat pemerintah di zaman penjajahan.

Bangsa Indonesia kini sudah bisa menentukan sikap sendiri tanpa ada paksaan dari pihak mana pun.

Makna dan arti kemerdekaan
Sebagai masyarakat Indonesia, alangkah baiknya untuk mempertahankan kemerdekaan.

5. Anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa

Kemerdekaan Indonesia sendiri berhasil diraih karena anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Dengan arti, kemerdekaan mungkin saja tak tercapai jika tak ada kehendak dari Tuhan.

6. Momen Pemersatu Bangsa

Kemerdekaan Indonesia berhasil digapai melalui aksi kekompakkan para pahlawan yang bersatu dengan tujuan bersama, yakni merdeka.

Dengan ini menunjukkan bahwa arti kemerdekaan menjadi momen yang bisa mempersatukan bangsa Indonesia.

Alangkah baiknya kita sebagai masyarakat Indonesia mencontoh perilaku pahlawan yang sudah berkorban. Sudah seharusnya masyarakat Indonesia ini mengutamakan kepentingan bersama untuk memajukan negara ini.

7. Identitas nasional

Arti kemerdekaan juga berhubungan dengan pengakuan dan pemeliharaan identitas nasional.

Saat suatu bangsa berhasil menggapai kemerdekaan, mereka dapat mempertahankan budaya, bahasa, dan tradisi yang ada tanpa penekanan dari penguasa luar atau asing.

Sejarah Singkat Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Proklamasi sepakat dibacakan di halaman rumah Soekarno yang berlokasi di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta, tepat pada 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB.

Para pemuda langsung menyiapkan seluruh perlengkapan upacara dan mengumpulkan masyarakat di halaman rumah Soekarno.

Bendera yang digunakan pada momen tersebut ialah Sang Saka Merah Putih yang dijahir oleh Fatmawati, istri Soekarno.

Tepat pukul 10.00 WIB, Soekarno didampingi oleh Mohammad Hatta membacakan teks naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Rangkaian acara dilanjut dengan pengibaran bendera merah putih oleh Latief Hendradiningrat dan S. Suhud sambil diiringi lagu ‘Indonesia Raya’ yang diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman.

Seluruh masyarakat Indonesia yang menyaksikan upacara itu terharu dan merasa bersyukur atas dibacakannya proklamasi kemerdekaan. Informasi soal kemerdekaan pun tersebar dengan cepat sampai ke seluruh penjuru negeri.

Demikian rangkuman mengenai makna dan arti kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Semoga kita semua bisa menerapkannya di kehidupan sehari-hari, ya.