TANGSELIFE.COM – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun atau HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 ini, warga RW 015 Kelurahan Benda Baru, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar parade karnaval dengan kostum unik.

Diikuti ratusan peserta dari delapan Rukun Tetangga (RT), dengan menggunakan berbagai kostum unik membuat parade karnaval berjalan sangat meriah.

Setiap RT terlihat mengusung tema kostum berbeda-beda. Mulai dari pakaian adat dari berbagai daerah, pakaian profesi pekerjaan dan pendidikan, hingga berbagai karakter cerita rakyat.

Selain itu terlihat pula replika naga dengan ukuran panjang sekira 10 meter, miniatur kereta, serta susunan tanaman hasil bumi.

Ketua RW 015, Mujianto mengatakan, warga di lingkungannya memang setiap tahun selalu merayakan peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus.

Namun khusus untuk HUT ke-79 RI tahun ini pelaksanaannya berbeda karena ada parade karnaval kostum menarik.

“Tahun kemarin juga ada, tapi hanya sekedar hiburan. Untuk parade karnaval baru pertama kali dilakukan pada tahun ini, antusias warga cukup tinggi,” kaya Mujianto, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Ada Parade Karnaval Kostum Unik di Pamulang, Tangsel dalam Rangka Memeriahkan HUT ke-79 RI

HUT ke-79 RI di Pamulang, Tangsel
Parade Karnaval Kostum Unik Pada Perayaan HUT ke-79 RI

Mujianto menyebut, setiap warga telah menyiapkan kostum unik yang akan digunakan pada parade karnaval kali ini selama kurang lebih 10 hari.

Tujuannya yaitu untuk mengenalkan budaya dan pakaian adat berbagai wilayah Indonesia kepada anak-anak dan masyarakat.

“Tujuannya tidak lain dan tidak bukan yaitu agar kita merasa bangga sebagai warga Indonesia. Parade karnaval dilakukan mengelilingi wilayah Benda Baru dengan jarak hingga 4 kilometer,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu peserta asal RT 004 yang menggunakan pakaian adat asal Papua, Yudo Tiasono mengaku sangat senang dengan adanya perade karnaval kostum unik tersebut.

Meski bukan berasal dari Papua, namun ia mengaku sengaja menggunakan pakaian adat khas Papua karena ingin mengenalkannya kepada anak-anak tentang pakaian khas salah satu wilayah Indonesia.

Dengan begitu anak-anak muda diharapkan dapat mengetahui dan melestarikan budaya yang ada di Indonesia.

Ia mengaku membuat pakaian adat tersebut menggunakan berbagai bahan yang ada disekitarnya. Sementara pembuatannya hanya memakan waktu satu hari saja.

“Sengaja memilih baju adat Papua, pesannya biar anak-anak muda sebagai generasi penerus bangsa dapat menjaga tradisi dan menjaga budaya nusantara,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Jihan Hoirunisa
Editor
Andre Pradana
Reporter