TANGSELIFE.COM – Arus balik mudik Lebaran telah dimulai, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat ada sebanyak 47.613 masyarakat pengguna Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) tiba di stasiun KA wilayah 1 Daop 1 Jakarta.

“Sejak 12 April 2024 angka penumpang yang tiba di area Daop 2 Jakarta mulai mengalami peningkatan. Secara total pada hari ini Senin 15 April 2024 terdapat sekitar 47.613 pengguna yang tiba,” ucap Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko dalam keterangannya.

Ixfan juga merinci bahwa jumlah tersebut meliputi 18.500 penumpang arus balik mudik yang turun di Stasiun Pasar Senen, 15.000 penumpang yang turun di Stasiun Gambir, 5.600 penumpang yang turun di Stasiun Bekasi, dan 4.650 penumpang yang turun di Stasiun Jatinegara.

Sisanya adalah masyarakat yang turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang, dan Cikampek.

Ixfan mengungkap kalau jumlah tersebut diketahui mengalami peningkatan dua kali lipat dari masa normal.

Mayoritas pengguna jasa yang tiba di Daop 1 Jakarta merupakan masyarakat yang berasal dari Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Purwokerto, Kutoarjo, dan Malang.

Pihak KAI telah melakukan beberapa persiapan pada arus balik mudik Lebaran 2024, seperti menambah ketersediaan kursi pada area tunggu penumpang.

Dengan demikian, penumpang yang baru tiba dan menunggu jemputan tak berdiri dan meletakkan barangnya pada area tertentu yang bisa mengganggu kenyamanan penumpang lain di stasiun.

Sejumlah petugas Costumer Service Mobile (CSM) juga mereka siapkan untuk melayani informasi dan mengatur alur calon penumpang yang baru tiba saat arus balik mudik Lebaran.

Petugas tambahan untuk pengatur kendaraan juga disiapkan di sejumlah titik pada area parkir stasiun.

Kemudian dari sisi keamanan dan keselamatan, KAI Daop 1 Jakarta juga bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk mengamankan seluruh objek penting pada masa angkutan lebaran.

Kerja sama juga turut dilakukan bersama Basarnas dan 45 provider rumah sakit guna percepatan penanganan kondisi darurat.

“Seluruh pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta juga diimbau untuk memeriksa kembali barang bawaannya termasuk pada area kursi penumpang karena biasanya cukup banyak barang berharga yang tertinggal, seperti dompet, telepon selular, laptop, dan lainnya,” ucap Ixfan.

Dwi Oktaviani
Editor