TANGSELIFE.COM – Rekayasa lalu lintas dilakukan demi kelancaran arus balik mudik Lebaran Idul Fitri 2024.

Dari akun resmi X Jasa Marga, rekayasa lalu lintas satu arah (one way) dan contraflow dilakukan di sejumlah titik Tol Trans Jawa.

One way dari 414 GT Kalikangkung sampai dengan KM 72 Tol Cipali,” tulis PT Jasa Marga Tbk (JSMR) dalam akunnya @PTJASAMARGA pada Senin, 15 April 2024.

Disebutkan bahwa contraflow 2 lajur berada di KM 72 Ttol Cipali sampai KM 66 Tol Japek. Kemudian Contraflow 3 lajur ada di KM 66 sampai KM 47 Tol Japek.

Selanjutnya contraflow 1 lajur ada di KM 47 sampai KM 36 Tol Japek.

Aturan tersebut diperpanjang sampai pukul 24.00 WIB malam nanti.

Di samping itu, rekayasa lalu lintas one way selama arus balik mudik masih diberlakukan di Tol Semarang ABC.

Direktur Penegakan Hukum (Dirgakum) Korlantas Polri Brigjen Pol Raden Slamet Santoso mengungkap kalau skema one way akan kembali diperpanjang sampai Senin per pukul 24.00 WIB.

Ia menekankan kalau perpanjangan skema one way selama arus balik mudik dimaksudkan untuk memperlancar arus lalu lintas agar pemudik bisa pulang dengan aman.

Sebagai informasi, Jasa Marga telah memberlakukan sejumlah rekayasa lalu lintas, termasuk ganjil genap selama arus balik Lebaran sejak 12 April sampai 16 April mendatang.

Kebijakan tersebut disesuaikan dengan Surat Keputusan Bersama Dirjen Perhubungan, Kakorlantas Polri, dan Dirjen Bina Marga yang dikeluarkan pada 5 Maret 2024 lalu.

“Jadwal pelaksanaan rekayasa lalu lintas bisa berubah secara situasional melihat kondisi lalu lintas di lapangan dan sepenuhnya merupakan diskresi kepolisian.

Adapun untuk rekayasa ganjil genap dilakukan di KM 414 (GT Kalikangkung) sampai KM 0 (dalam kota).

Sejak hari Minggu aturan tersebut berlaku pada pukul 14.00 WIB sampai Selasa, 16 April 2024 pukul 08.00 WIB.

Dwi Oktaviani
Editor