TANGSELIFE.COM– Arus lalu lintas Puncak Bogor macet, Polres Bogor terapkan one way arah Jakarta.

Memang seperti biasa tiap akhir pekan, arus lalu lintas di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat memang selalu mengalami kemacetan parah.

Begitu juga yang terjadi pada saat akhir pekan ini, Sabtu 20 Mei 2023 dan Minggu 21 Mei 2023 arus lalu lintas terpantau alami macet cukup panjang.

Karena itu, jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor memberlakukan diskresi yakni selain penerapan ganjil-genap dan juga one way pada Minggu, 21 Mei 2023.

Kemacetan terjadi di sejumlah titik sejak pagi seperti Megamendung, Pasar Cisarua, Pertigaan Taman Safari hingga Gunung Mas.

“Setiap akhir pekan kami berlakukan ganjil genap dan one way untuk mengurangi kepadatan di jalur Puncak,” terang Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Pranata, Minggu 30 Mei 2023.

Dia memaklumi kalau jalur Puncak Bogor kerap macet karena merupakan jalur wisata yang sering dikunjungi wisatawan pada setiap akhir pekan dan hari libur nasional.

“Arus lalu lintas kendaraan pada akhir pekan memang sangat padat. Sering terjadi kemacetan. Meskipun sudah diberlakukan one way dan ganjil-genap tetap aja macet,” paparnya.

Karena itu, polisi menyiagakan sejumlah personel di lokasi wisata yang rawan kemacetan, guna mengantisipasi terjadinya kepadatan arus lalu lintas.

“Personel kami siagakan di sepanjang jalur Puncak mulai dari Simpang Gadog sampai dengan Rindu Alam,” papar Dicky juga.

Untuk sore hari ini, Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah atau one way arah Jakarta di Jalan Raya Puncak, Bogor.

Sedangkan kendaraan dari Jakarta yang mengarah Puncak disetop hingga one way arah Jakarta berakhir.

“Saat ini arus lalu lintas di Jalan Raya Puncak berlaku one way arah Jakarta sudah diterapkan,” terang Kanit Turjawali Satlantas Polres Bogor Iptu Yudhi Perkasa, Minggu 21 Mei 2023.

“Jadi, kendaraan dari arah Jakarya yang menuju Puncak sementara ditahan dulu. Kami prioritaskan kendaraan yang arah ke Jakarta,” katanya juga.

Yudhi juga mengatakan arus lalu lintas di kawasan Puncak mengalami kepadatan sejak Minggu 21 Mei 2023 pagi.

Volume kendaraan dari arah Puncak menuju Jakarta semakin meningkat ketika siang hari. Itu terjadi karena warga yang berwisata di kawasan Puncak sudah pulang ke Jakarta.

“Pantauan arus lalu lintas sejak pagi memang padat, ini dampak arus wisatawan yang Kamis 18 Mei 2023 lalu liburan dan baru pada turun,” papar Yudhi juga.

Yudhi juga mengatakan proses one way arah Jakarta akan berlangsung hingga kepadatan arus lalulintas di Jalan Raya Puncak sudah terkendali.

“Jadi kalau ditanya kapan berakhir one way arah Jakarta, sifatnya situasional. Tapi biasanya sih malam,” katanya juga.

Dia juga mengatakan biasanya jika arus lalu lintas sudah terkendali dan sudah memungkinkan maka akan diberlakukan penormalam arus lalu lintas.

“Atas seizin pimpinan, maka arus akan kita normalkan kembali jadi dua arah kalau kondisi di lapangan sudah memungkinkan,” tandas perwira pertama Polri ini lagi.