TANGSELIFE.COM-Penerapa kebijakan pemudik sepeda motor dan truk menyeberang ke Pulau Sumatera dari Pelabuhan Ciwadan, Kota Cilegon, Banten mulai diberlakukan pada Sabtu 15 April 2023.  

PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak menetapkan seluruh kegiatan penyeberangan untuk kendaraan roda 2 dan truk golongan VI B dilayani di Pelabuhan Ciwandan terhitung sejak 15-21 April 2023.

Akibatnya, pada Sabtu dinihari banyak pemudik yang menggunakan sepeda motor tujuan Pulau Sumatera mulai memadati Pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon. 

Tapi banyak juga pemudik sepeda motor yang ke mendatangi Pelabuhan Merak terlebih dahulu lantaran tak tahu informasi kalau penyeberangan untuk roda dua dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan.

Akibatnya, banyak pemudik sepeda motor yang harus putar balik dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Ciwandan yang jaraknya sekitar 16,3 kilometer (km) tersebut. 

Sejumlah pemudik mengaku tidak tahu informasi adanya kebijakan pemudik sepeda motor tak lagi menyeberang lewat Pelabuhan Merak mulai Sabtu 15 April 2023. 

”Tadi sempet ke Merak dulu. Nggak tahu, kalau pindah ke sini (Pelabuha Ciwandan). Dikasih tahu petugas kalau motor kalau mau nyebrang di Pelabuhan Ciwandan,” ujar Sobirin pemudik tujuan Kota Metro, Lampung, Minggu (16/4/2023).

Sedangkan Usman, 35, seorang pemudik sepeda motor lainnya mengaku  sudah tahu informasi pemindahan penyeberangan untuk motor dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Ciwandan. 

”Tahu informasinya dari media online yang di-share teman-teman di WA grup. Saat mau mudik, ada pemberitahuan 

yah langsung bablas ajah ke Ciwandan. Emang agak jauh jaraknya,” terangnya. 

Kepadatan pemudik motor mengular mengantre di Pelabuhan Ciwandan mulai terjadi Sabtu tengah malam hingga jam pukul 03.00 WIB. Begitu juga yang terjadi pada Minggu 16 April 2023 dan Seni 17 April 2023.

Ratusan pemudik motor itu sebelum menaiki kapal ferry untuk menyeberang ke Pulau Sumatera, terlebih dahulu menunggu di kantong parkir Dermaga Pelindo.

Pemudik sepeda motor yang akan mudik ke Pulau Sumatera kebanyakan memilih perjalanan di malam hari. Pasalnya berangkat mudik malam hari untuk menghindari panas. 

Selain itu juga, meski sudah pemberitahuan agar pemudik sepeda motor membeli tiket melalui online tapi masih banyak pemudik yang membeli tiket saat tiba di Pelabuhan Ciwandan.

Meski begitu banyak juga pemudik sepeda motor yang melakukan reservasi tiket kendaraan roda dua rute Ciwandan-Bakauheni dari H-7 hingga H-1 sebanyak 11.802 atau 12,17 persen dari perkiraan. 

Sedangkan reservasi tiket penyeberangan Ciwandan-Bakauheni tertinggi sebanyak 3.380 unit sepeda motor atau baru mencapai 17,2 persen pada 20 April 2023 atau H-2

Diprediksi jumlah pemudik sepeda motor yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera sejak Sabtu 15 April 2023 akan terus meningkat dan mencapai puncaknya pada Rabu, 19 April 2023 dan Kamis, 20 April 2023.

Data yang dihimpun dari PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, pemudik motor yang menyeberang ke Pulau Sumatera sejak 14 April 2023 hingga 15 April 2023 malam mencapai 4.129 unit.

Lonjakan pemudik motor terjadi pada 15 April 2023 malam yang terdapat sebanyak 2.754 sepeda motor menyeberang melalui Pelabuhan Ciwandan ke Pelabuhan Panjang.

Truk Bermuatan Logistik Antre Delapan Jam

Bila penyeberangan motor ramai lancar saat menyeberang ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Ciwanda tidak demikian dengan penyeberangan truk-truk pembawa logistik. 

Ratusan truk bermuatan logistik yang hendak menyeberang sampai Senin, 17 April 2023 dini hari masih terjebak antrean panjang.

Antrean panjang truk ekspedisi mengular di Jalur Lingkar Selatan, Kota Cilegon, Provinsi Banten. Para sopir truk mengaku mengantre berjam-jam untuk menunggu giliran masuk ke Pelabuhan Ciwandan.

Antrean disebabkan adanya pembatasan truk logistik untuk keperluan industri, yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Indonesia atau Pelindo.

Kemacetan panjang di jalan menuju Pelabuhan Ciwandan terjadi sejak Sabtu 15 April 2023 malam hingga Senin  17 April 2023 dini hari.

Seorang sopir truk mengaku harus menunggu hingga 8 jam untuk bisa masuk ke kapal. Kendati sudah tiba di sekitar Kecamatan Ciwandan sejak sore, namun banyak truk yang belum bisa menaiki kapal.

”Saya datang dan macet sekitar jam tujuh, selepas magrib. Tapi hinga sahur saja belum naik kapal juga,” ujar Maman, sopir truk yang hendak membawa barang dari Jakarta menuju Medan, Minggu, 16 April 2023.

Selama dua hari, PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak mencatat tercatat sebanyak 1.171 unit truk yang sudah menyeberang ke Pulau Sumatera dari Pelabuhan Ciwandan.