TANGSELIFE.COM – Kepadatan arus mudik di Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan, Cilegon, Banten masih berlangsung. Pada H-4 lebaran, diperkirakan ada 360.297 penumpang dan 83.419 kendaraan yang telah melintas ke Bakauheni. 

Dari data angkutan lebaran di Pelabuhan Merak dan Ciwandan milik PT ASDP Indonesia Ferry hingga saat ini ada kenaikan trip mudik sebesar 25 persen dibandingkan tahun lalu. 

Tahun lalu, perjalanan angkutan lebaran di Pelabuhan Merak dan Ciwandan tercatat ada 504 trip sedangkan tahun ini tercatat sudah mencapai 630 trip hingga sejak H-7 hingga H-4 lebaran. 

Untuk data angkutan kendaraan yang mudik, tercatat didominasi oleh kendaraan roda empat atau mobil mencapai 44.913 unit. Jumlah itu meningkat 1 persen dibandingkan tahun lalu 44.258 unit.

Sementara itu, angkutan mudik di Pelabuhan Merak dan Ciwandan dari roda dua atau motor cukup meningkat signifikan. Total hingga H-4 ada 25.315 unit dibandingkan tahun sebelumnya hanya 42 unit. Paling banyak pemudik motor ini berangkat dari Pelabuhan Ciwandan.

Sedangkan untuk bus yang digunakan mudik di Pelabuhan Merak, jumlahnya tahun ini mengalami penurunan 5 persen dibanding tahun lalu. Dari 2.270 unit menjadi 2.162 unit.

Untuk kendaraan truk yang melintas dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni pada arus mudik tahun ini meningkat 13 persen. Tahun lalu tercatat ada 6.974 unit sedangkan tahun ini meningkat ada 11.029 unit truk yang menyebrang dari Merak ke Bakauheni.

Kepadatan arus pemudik di Pelabuhan Merak Cilegon ini diprerkirakan masih akan terjadi hingga H-2 lebaran. Pasalnya, hingga saat ini, tiket mudik ferry ekspress maupun reguler hingga 8 April 2024 sudah ludes terjual.

Nantinya, pengelola Pelabuhan Merak akan kembali menjual tiket mulai 9 April 2024 atau H-1 Idul Fitri. Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan pemudik yang tak tertampung saat jadwal puncak mudik.

Pelabuhan Merak
Suasana kepadatan kendaraan pemudik di Pelabuhan Merak bersiap menyebrang ke Bakauheni, di Cilegon, Minggu, 7 April 2024. Foto: Tangselife

Tiket Mudik 8 April 2024 di Pelabuhan Merak Ludes

Sementara itu, Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry Shelvy mengatakan, tahun ini ada peningkatan pemudik yang menggunakan jasa kepal ferry untuk melintas Pelabuhan Merak-Bakauheni itu.

Peningkatan pemudik di Pelabuhan Merak-Bakauheni pun mulai terlihat di H-4 lebaran atau Sabtu, 6 April 2024. 

“Volume kendaraan menuju Pelabuhan Merak terus meningkat sejak Sabtu pagi hingga sore,” kata Shelvy dalam keterangan tertulisnya.

Shelvy menerangkan, sementara ini jumlah pemudik yang melintas dari H-7 sampai dengan H-5 lebaran dari Jawa ke Sumatera telah mencapai 222 ribu orang dan 46.250 unit kendaraan.

Shelvy menuturkan, tingginya antusias masyarakat mudik tahun ini membuat tiket kapal ferry baik ekspress dan reguler Merak-Bakauheni habis terjual pada keberangkatan 8 April 2024.

Nantinya, pihak ASDP akan kembali menjual tiket mudik Merak-Bakauheni itu mulai 9 April 2024 atau H-1 lebaran.

“Tiket yang masih tersedia untuk pejalan kaki baik eskpress dan reguler. Sementara pemudik roda dua dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan sudah terjual 70 persen,” paparnya.

Diketahui, pada momen lebaran tahun ini jumlah pemudik yag naik kapal ferry diperkirakan mencapai 5,78 juta penumpang dan 1,37 juta unit kendaraan di 8 lintasan terpantau nasional di bawah koordinasi 9 cabang ASDP. 

Intan
Editor
Intan
Reporter