TANGSELIFE.COM – PT ASDP Indonesia Ferry siapkan tiga buffer zone di Tol Jakarta-Tangerang menuju Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten.

Fasilitas tambahan di tol Jakarta-Tangerang yang disiapkan ASDP tersebut tak lain guna mengantisipasi kepadatan arus kendaraan di kawasan Pelabuhan Merak.

Direktur Utama ASDP, Ira Puspadewi, mengatakan salah satu yang disoroti selama mudik Lebaran 2024 dan arus balik yakni memastikan delaying system berjalan baik.

“Itu satu di antara kunci sukses gelaran angkutan Lebaran tahun lalu,” ujar Ira saat mendampingi Menkopolhukam Hadi Tjahjanto, Panglima TNI Jendral Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo di Pelabuhan Merak, Senin 1 April 2024.

Dijelaskan Ira, delaying system memiliki peran yang sangat kritikal mengingat fungsinya sebagai pengatur volume arus serta memastikan pengendara yang sudah memiliki tiket.

“Masih ada saja yang jalan tanpa tiket, meskipun angkanya kecil,” kata Ira.

3 Buffer Zone di Tol Jakarta-Tangerang

ASDP telah menyiapkan buffer zone yang berfungsi sebagai delaying system di sejumlah titik lokasi luar pelabuhan.

Ada tiga titik buffer zone ASDP dari arah Tol Jakarta-Tangerang, yakni rest area KM 13, KM 43, dan KM 68.

Ketiga rest area tersebut dilengkapi fasilitas tambahan tenaga pelayanan untuk melakukan skrining pengguna jasa yang belum memiliki tiket.

Lebih lanjut, Menkopolhukam Hadi Tjahjanto memastikan keamanan dan kenyamanan pemudik lintas Jawa-Sumatera melalui Pelabuhan Merak dijamin pemerintah.

“Pemerintah menjamin keamanan para pemudik mulai dari keberangkatan sampai ke tempat tujuan,” tegas Hadi.

“Demikian juga saat arus balik dari tujuan sampai ke tempat asalnya dengan aman dan nyaman,” lanjutnya.

Dijelaskan Hadi, jelang masa Lebaran 2024, pemerintah telah menyiapkan jalur bebas hambatan, jalan nasional, dermaga pelabuhan, serta pos keamanan.

“Kami juga memikirkan jika terjadi abnormal conditions. Rencana tindakan kontigensi, di antaranya jika terjadi kemacetan, tindakannya adalah dengan mencarikan jalan alternatif,” terangnya.

Jika terjadi penumpukan di dermaga, maka tindakan yang disiapkan adalah tempat parkir yang luas.

“Kita coba semuanya, semuanya bisa berjalan dengan baik, termasuk bagaimana pelayanan-pelayanan di Pelabuhan Merak ini,” tuturnya.

Agar mudik berjalan lancar, Hadi mengimbau calon pengguna jasa penyebrangan agar membeli tiket satu hari sebelum keberangkatan.

Adapun pembelian tiket kapal ferry bisa dilakukan secara online dan mudah melalui aplikasi Ferizy.

“Mudah-mudahan mudik Lebaran 2024 ini, bisa berjalan dengan aman karena di lapangan sudah ada pasukan-pasukan gabungan dari TNI-Polri, ormas, dan pramuka,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kapolri Listyo Sigit mengimbau agar pemudik berangkat lebih awal jika memungkinkan.

“Tentunya kami semua mengimbau agar mudiknya bisa berjalan dengan aman dan lancar,” kata Listyo.

“Jika tidak ada kegiatan, bisa melaksanakan mudik lebih awal dan lebih cepat,” tutup Listyo.

Sebagai informasi, hasil survei Kementerian Perhubungan (kemenhub) menyatakan mudik Lebaran 2024 diprediksi meningkat sekitar 65 persen dibandingkan tahun 2023 lalu.