TANGSELIFE.COM – Masa libur lebaran 1445 Hijriah atau 2024 sudah berakhir. Cuti bersama pun sudah usai, kini waktunya para pekerja kembali bekerja. Berikut aturan Work from home (WFH) bagi ASN di Tangsel.

Pemerintah Kota Tangsel pun telah mengatur pelaksanaan WFH bagi ASN di Tangsel dan WFO (work from office) usai libur lebaran 2024. 

ASN di Tangsel diperbolehkan melaksanakan WFH pada dua hari yang telah ditentukan. Yakni tanggal 16 dan 17 April 2024. Hal itu sebagai upaya pemerintah mengurai kemacetan pada arus balik mudik.

Kebijakan itu pula diatur oleh pemerintah pusat yang kemudian dilaksanakan oleh pemerintah di kota kabupaten di Indonesia. Tujuannya, untuk mengurangi jumlah pemudik dari kalangan ASN pada momen arus balik mudik lebaran.

Meski begitu, tidak semua ASN di Tangsel dapat melakukan WFH pada hari pertama kerja usai libur dan cuti bersama Idul Fitri 1445 H. 

ASN di Tangsel yang boleh melakukan WFH hanyalah ASN yang masih melakukan aktivitas mudik dan menunda keberangkatan balik untuk mencegah penumpukan kendaraan di jalan dan timbulkan kemacetan.

Hal itu dipertegas oleh Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie. Dia memberi kelonggaran bagi ASN di Tangsel yang masih mudik di kampung halaman untuk melaksanakan WFH.

“WFH itu ASN yang nggak bisa balik ke Tangsel atau masih di luar Tangsel,” ungkap Benyamin saat dikonfirmasi, Senin, 15 April 2024.

Sementara itu, bagi ASN di Tangsel yang tidak mudik atau sudah mudik dan ada di Tangsel, wajib ngantor dihari pertama kerja pada Selasa, 16 April 2024.

Halal Bihalal ASN di Tangsel

ASN di Tangsel
Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie saat memimpin apel diikuti ASN di Tangsel. Foto: Humas Pemkot Tangsel

Hari pertama kerja usai libur lebaran itu akan diawali dengan Apel Hari Kesadaran Nasional sekaligus Halal Bihalal seluruh ASN di Pemkot Tangsel.

Pelaksanaan Apel Hari Kesadaran Nasional itu sesuai dengan surat edaran bernomor 800.1.6.2/1693/BKPSDM/2024 yang mengharuskan seluruh ASN menghadiri pelaksanaan Apel Hari Kesadaran Nasional April 2024 sekaligus Halal Bihalal Idul Fitri 1445 hijriah.

Surat tersebut ditandatangani langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Tangsel, Bambang Noertjahjo.

Apel Hari Kesadaran Nasional April 2024 sekaligus Halal Bihalal Idul Fitri 1445 hijriah tersebut rencananya akan dilaksanakan pada pukul 07.30 WIB dan berlangsung di lapangan Balaikota Puspemkot Tangsel.

“Dalam rangka pelaksanaan halal bihalal Idul Fitri 1445 hijriah dan dirangkaikan dengan Apel Hari Kesadaran Nasional April 2024, bersama ini dimohon untuk hadir beserta seluruh pegawai ASN di lingkungan perangkat daerah,” demikian isi surat tersebut.

Sebelumnya pemerintah pusat melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) mengelurkan Surat Edaran Nomor 01 Tahun 2024.

Surat tersebut mengatur tentang penerapan sistem kerja Work From Home (WFH) dan Work From Office (WFO) bagi ASN selama tanggal 16 dan 17 April 2024.

Penerapan itu diberlakukan dalam rangka upaya mengurangi kemacetan saat arus balik mudik lebaran 1445 hijriah.

Intan
Editor
Intan
Reporter