TANGSELIFE.COM – Banjir bandang-longsor yang terjadi di Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja, Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara (Sumut), menyebabkan 11 orang masih hilang.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto dijadwalkan akan mengecek ke lokasi hari ini, Senin 4 Desember 2023.

Kedatangannya ke lokasi banjir bandang-longsor tersebut untuk melakukan rapat koordinasi terkait penanganan darurat banjir bandang di Humbahas.

Rapat yang dilakukan bersama denagn jajaran pemerindah daerah Kabupaten Hubahas, beserta jajaran Muspida daerah tersebut.

Diketahui, 11 orang masih dinyatakan hilang. Sementara seorang warga ditemukan dalam kondisi meninggal dunia imbas bencana banjir bandang.

Sementara itu, banjir bandang juga memaksa kurang lebih 200 jiwa mengungsi dari area yang terdampak.

Kronologi Banjir Bandang-Longsor di Humbahas

kejadian bermula pada hari Jumat, 01 Desember 2023 sekitar Pukul 21.30 WIB telah terjadi banjir bandang dan longsor di Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja, Humbahas.

Kepala Kantor Basarnas Medan Budiono, menjelaskan, bencana itu membuar rumah warga juga alami kerusakan parah.

Bahkan akbat bencana itu ada beberapa korban yang diyakini tertimbun reruntuhan longsor.

“Menurut informasi dari saksi bahwa beberapa korban tertimbun dan dinyatakan hilang di sekitar pemukiman yang terkena dampak,” kata Budiono.

“Pemerintah setempat bersama masyarakat telah melakukan pencarian namun belum diketemukan, hingga informasi diteruskan ke BPBD Humbahas dan melaporkan ke Pos SAR Danau Toba guna meminta bantuan SAR,” pungkasnya.

Sopiyan
Editor