TANGSELIFE.COM-Bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat yang berhak akan kembali diberikan oleh pemerintah pusat. 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pembagian bansos tahun ini juga akan dilakukan secara online oleh Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Untuk diketahui, anggaran bansos masuk dalam perlindungan sosial yang diatur dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2023. 

Adapun beberapa bansos yang akan kembali disalurkan pemerintah tahun 2023 ini seperti program keluarga harapan (PKH), kartu sembako.

Lalu, juga Program Indonesia Pintar (PIP), hingga pembayaran iuran BPJS Kesehatan bagi peserta penerima bantuan iuran (PBI).

Bagi Anda yang berhak menerima bansos, untuk mengecek penerima bansos atau bukan dapat dilakukan secara online.

Cara cek penerima bansos tahun ini bisa dilakukan melalui laman resmi yang disediakan oleh Kemensos, https://cekbansos.kemensos.go.id.

Dalam laman tersebut, masyarakat dapat mencari nama penerima manfaat bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah.

Berikut Cara Cek Penerima Bansos 2023

1. Akses laman https://cekbansos.kemensos.go.id/

2. Masukkan provinsi, kabupaten/kota, kecamatan,  desa, dan nama penerima manfaat sesuai kartu  tanda penduduk yang dimiliki.

3. Ketikkan empat huruf kode yang tertera dalam laman tersebut

4. Klik Cari Data.

Setelah selesai, nantinya sistem akan mencari nama penerima manfaat sesuai wilayah yang diinputkan dan bila nama Anda tertera akan muncul di daftar penerima bansos tersebut.

Apabila nama yang dimasukkan masuk dalam daftar penerima manfaat, akan muncul tabel bansos apa saja yang diterima.

Karena itu, pastikan seluruh data yang diinputkan telah benar. Sedangkan jika nama yang diinput tidak masuk dalam daftar penerima, maka akan muncul keterangan “Tidak Terdapat Peserta/PM”.