TANGSELIFE.COM – Viral sebuah bangunan kantor Desa di Ciamis yang berbeda dari kantor desa pada umumnya sampai disebut sebagai kantor desa temegah di Indonesia.

Kantor desa termegah ini berlokasi di Desa Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Bangunannya didominasi oleh nuansa putih dengan ornamen berwarna merah untuk bagian sofa dan gorden jendela, sehingga mereka menggunakan warna yang melekat pada nasionalisme.

Kantor Desa di Ciamis tersebut terdiri dari 2 lantai yang dilengkapi oleh delapan pilar pada bagian depan dan manik-manik berwarna emas yang memperindah pilar tersebut.

Lokasi kantor desa di Ciamis ini berjarak 35 kilometer dari pusat kota Ciamis dan dibangun pada 2020 lalu.

Gelontorkan Biaya Pembangunan hingga Rp1 Miliar

Kantor Desa di Ciamis ini dibangun dengan modal dari APB Desa, pendapatan asli desa, dan dana aspirasi yang menggelontorkan biaya sebesar Rp1 miliar.

Dedi Hidayat selaku Kepala Desa Rancah menuturkan kalau kantor desa tersebut sudah dibangun sejak 2020 oleh kepemimpinan kades sebelumnya, yakni Aman.

Akan tetapi, Aman mengundurkan diri lantaran menjadi caleg DPRD Kabupaten Ciamis.

Kantor Desa di Ciamis yang Mewah ini Bisa Digunakan oleh Masyarakat

Menariknya, kantor desa yang disebut paling mewah ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

Oleh karenanya, kantor desa di Ciamis tersebut bukan hanya milik pegawai desa, akan tetapi milik masyarakat Desa Rancah.

Belum lama ini, bangunan tersebut telah digunakan masyarakat untuk acara seminar UMKM.

Kantor desa ini dilengkapi dengan fasilitas Aula Utama dan ruang pelayanan. Di lokasi tersebut juga ada bangunan Pusat Kesehatan Desa, Gedung Serba Guna, dan ruangan-ruangan lainnya untuk tamu yang berkunjung ke kantor desa tersebut.

Tak ketinggalan, dilengkapi juga dengan fasilitas ibadah khusus di sisi kanan gedung utama.

Sampai saat ini, pembangunan kantor desa di Ciamis tersebut masih terus berlangsung, seperti pengecatan pintu gerbang, merapikan musala, bagian dapur umum, dan Gerdung Serba Guna.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Dwi Oktaviani
Editor