TANGSELIFE.COM – Petahana Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Benyamin Davnie mengaku siap bertarung dengan siapapun di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang meski hanya diusung oleh Partai Golkar.

Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan diketahui kembali ditugaskan oleh Partai Golkar untuk kembali maju menjadi kontestan Pilkada Tangsel 2024.

Meski telah menjalin komunikasi dengan sejumlah partai di Tangsel, namun belum ada titik terang partai-partai tersebut akan mendukungnya.

Namun demikian, ia mengaku tidak akan gentar jika nantinya hanya ada satu partai yang mengusungnya di Pilkada Tangsel 2024 mendatang.

Sebagai salah satu partai tertua, ia Yakin Partai Golkar masih memiliki pendukung yang solid untuk memenangkan ia dan Pilar Saga Ichsan.

“Tentu saya percaya Partai Golkar akan menyiapkan seluruh infrastrukturnya. Sebagai partai yang sudah sangat matang, Golkar punya pengalaman yang panjang untuk hal-hal seperti itu,” kata Benyamin ketika ditemui di Puspemkot Tangsel, Jumat, 19 Juli 2024.

Menurutnya meski perebutan kursi pimpinan Kota Tangsel nantinya akan diwarnai dengan persaingan, namun yang terpenting adalah menjaga harmonisasi antar eksekutif dan legislatif dalam menjalankan roda pemerintahan.

Pasalnya, diperlukan kolaborasi seluruh pihak untuk membangun Tangsel untuk menjadi kota yang lebih baik lagi kedepannya.

“Kalaupun harus satu partai lagi ya tidak kenapa-kenapa, namun saya berharap nanti harmonisasi di dalam legislatifnya itu bisa kita jalin dengan baik. Seperti sekarang, alhamdulillah dengan semua partai komunikasinya berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Benyamin-Pilar Pernah Menang Walau Hanya Diusung Satu Partai

Benyamin-Pilar sendiri telah terbukti mampu keluar sebagai pemenang di Pilkada Tangsel tahun 2020 meski hanya diusung satu partai.

Pada saat itu Keduanya diusung oleh Partai Golkar dan didukung oleh tiga partai yang tidak memiliki kursi di DPRD Tangsel.

Ketiga Partai tersebut di antaranya Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Gelora.

Hasil Pilkada Tangsel tahun 2020 Benyamin-Pilar berhasil mengumpulkan 235.734 suara, mengalahkan lawannya Muhammad-Saraswati yang hanya mendapatkan 205.309 suara dan Siti Nur Azizah-Ruhamaben yang hanya mendapatkan 134.682 suara.

Golkar Usung Benyamin-Pilar di Pilkada Tangsel 2024, Akankah Berkoalisi Dengan PDI Perjuangan?

Benyamin Davnie dan Pilar Saga datangi markas PDI Perjuangan
Benyamin Davnie mendaftarkan bakal calon Wali Kota Tangsel di penjaringan calon PDIP untuk Pilkada 2024, Senin, 22 April 2024. Foto: Tangselife/AndrePradana

Meski demikian saat ini Partai Golkar dikabarkan tengah menjalin kedekatan dengan PDI Perjuangan untuk mengarungi Pilkada 2024.

Kedekatan kedua partai tersebut terjalin baik di tingkat kota maupun di tingkat Provinsi Banten.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Tangsel, Wanto Sugito, saat dihubungi Tangselife.com beberapa waktu lalu menyebut hubungan antara partainya dengan Golkar sangat baik.

Bahkan ia tak segan menyebut kedekatan mereka sudah seperti bestie atau sudah seperti sahabat dekat.

“Saya tidak membantah jika komunikasi secara intensif juga tengah dilakukan dengan partai golkar. Sudah bestie (hubungan antara PDIP dan Partai Golkar, red),” kata Wanto, Sabtu, 22 Juni 2024.

Wanto tak menampik bahwa hubungan kerja sama politik dalam mengarungi Pilkada tahun ini tidak terlepas dari koalisi partai di tingkat provinsi dalam mengusung calon Gubernur.

Artinya, lanjut Wanto, koalisi yang terbentuk di tingkat provinsi akan turut menentukan pembentukan koalisi di tingkat kabupaten atau kota, termasuk Tangsel.

“Pilkada serentak yang dilakukan pada tahun ini mulai dari tingkat provinsi hingga kabupaten kota konsepsi besarnya di bangun kerjasama partai politik terlebih dahulu di tingkat provinsi baru kemudian di singkronisasi hingga seluruh kabupaten kota yang ada di provinsi tersebut,” terangnya.

“Bahwa kemudian figur itukan diskusi di sesama partai politik baik Golongan Karya dan PDI Perjuangan kemudian nanti akan diputuskan oleh DPP partai,” tambahnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Jihan Hoirunisa
Editor
Andre Pradana
Reporter