TANGSELIFE.COM– Gerhana matahari total diprediksi bakal terjadi pada tanggal 8 April 2024 yang melintasi di beberapa bagian AS, Kanada dan Meksiko.

Diketahui bahwa fenomena tersebut akan terjadi di jalur selebar 185 kilometer dan sepanjang 16.000 kilometer.

Diprediksi bahwa pada 8 April 2024 waktu setempat, gerhana matahari ini bisa dilihat dari Amerika Utara, Meksiko, dan berakhir di Kanada dengan melewati 13 negara bagian AS.

Gerhana matahari total ini tidak selalu bisa dilihat dari seluruh belahan bumi termasuk Indonesia yang tidak akan menyaksikan fenomena ini.

Daftar kota yang akan menyaksikan fenomena gerhana matahari total ini dimulai dari Montréal, Kanada yang bisa diamati pada hari Senin, 8 April 2023 pukul 14.14 waktu setempat.

Dilanjutkan dengan kota San Antonio, Austin, Indianapoilis, Dallas-Fort Worth Metroplex, di bagian Amerika Serikat.

Melihat gerhana matahari total ini juga akan terjadi di Torreón, Mazatlán, Victoria de Durango, Mazatlán di Meksiko.

Selain di Montréal, kota di Kanada yang bisa jadi tempat untuk menyaksikan fenomena ini adalah Hamilton.

Gerhana Matahari Total 2024 Terjadi di AS, Kanada, dan Meksiko.

Sebagai informasi, gerhana matahari total ini bisa terjadi ketika bulan melintas di antara matahari dan bumi, sehingga menutupi seluruh permukaan matahari.

Akibatnya Negara yang mengalami fenomena ini, langitnya akan gelap seperti sedang fajar atau senja dan orang-orang di sana bisa melihat bintang serta planet di siang hari.

Ketika bulan sepenuhnya menghalangi sisi cerah matahari dan menyebabkan fenomena ini, maka diimbau untuk melihat matahari dengan pelindung mata khusus.

Untuk melihat gerhana matahari total ini bisa menggunakan kacamata gerhana, lensa kamera, teropong, atau teleskop.

Perlu diingat bahwa ketika melihat gerhana matahari secara langsung harus menggunakan kacamata gerhana dan jangan pernah melihat tanpa perlindungan apapun karena menyebabkan cedera mata yang parah.

Adapun untuk gerhana matahari berikutnya dapat dilihat kembali dari Amerika Serikat pada 23 Agustus 2024