TANGSELIFE.COM- Ponpes Al-Zaytun kembali membuat kontroversi. Seakan tak ada habisnya, kontroversi pesantren itu terus menuai sorotan publik.

Pondok Pesantren yang dipimpin Panji Gumilang itu kali ini menghadirkan aktivis Yahudi saat perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah.

Bahkan Ponpes Al-Zaytun mengatakan kalau aktivis Yahudi bernama Monique Rijkers itu jadi tamu kehormatan saat perayaan Tahun Baru Islam pada Rabu, 19 Juli 2023.

Kontroversi itu berawal beredar video di media sosial mengenai perayaan 1 Muharram 1445 H yang digelar Ponpes Al-Zaytun menghadiri Monique Rijkers tersebut.

Bahkan Ponpes Al-Zaytun memberikan kesempatan kepada Monique Rijkers untuk berbicara dalam acara tersebut.

Dilihat dari YouTube resmi Ponpes Al Zaytun bernama Al-Zaytun Official video berjudul “Peringatan 1 Syuro 1445 H di Al-Zaytun” itu kontan membuat kontroversi.

Pasalnya, Ponpes Al-Zaytun dalam video yang berdurasi selama 4 jam 48 menit itu Monique diberi kesempatan untuk memberikan sambutan.

Sebelum Monique hadir, MC memanggil perempuan tersebut yang disambut tepuk tangan orang-orang yang hadir di sana.

“Berikut ini sambutan dari wartawati senior, aktivis keberagaman, khususnya Yahudi. Ibu Monique Rijkers,”  ujar MC acara dikutip Kamis, 20 Juli 2023.

Lalu Monique maju ke mimbar dan memberikan salam. Dia lalu juga berterimakasih kepada Ponpes Al-Zaytun karena sudah mengundang dirinya.

Beri Sambutan di Ponpes Al-Zaytun, Aktivis Yahudi Kenakan Baju Bintang Daud

Monique juga berterimakasih kepada Ponpes Al-Zaytun karena diperbolehkan memakai baju Bintang Daud untuk menghadiri acara tersebut.

Untuk diketahui, Bintang Daud merupakan lambang Zionis Israel yang hingga kini menjajah tanah Palestina dan membunuhi warganya.

“Salam damai buat Syech Panji Gumilang, dan seluruh keluarga besar Al-Zaytun. Terima kasih telah mengundang saya di sini,” terangnya.

“Juga terima kasih telah membolehkan saya memakai baju Bintang Daud dalam acara ini,” paparnya juga.

Dalam sambutannya pada acara 1 Muharram 1445 Hijriah itu, Monique lalu berbicara mengenai perdamaian, toleransi dan tak lupa memuji-muji Al-Zaytun.

Sebelumnya, Monique menjadi viral karena mengeluarkan pernyataan meminta seluruh pesantren di Indonesia menyanyi lagu Yahudi Hevenu Shalom Aleichem.

Tentu saja pernyataan Monique itu menimbulkan polemik, karena pesantren di Tanah Air merupakan pesantren Islam dan bukan mengajarkan agama Yahudi. 

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow