TANGSELIFE.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa wilayah Tangerang Selatan (Tangsel) mengalami suhu panas harian maksimum mencapai 35,2 derajat celcius pada Senin, 24 Juni 2024.

Tak hanya Tangsel, beberapa wilayah lainnya yang tercatat mengalami suhu terpanas adalah Aceh Besar, Aceh (Stamet Kelas I Sultan Iskandar Muda).

Pada kesempatan yang sama, tim meteorologi juga menemukan bahwa suhu panas antara 34,8-33,2 derajat celcius di sebagian besar wilayah, termasuk Sumatera Barat, Sumatera Utara (Tapanuli Tengah), Sumatera Selatan (Palembang, Ogan Ilir), Banten (Curug), DKI Jakarta (Tanjung Priok), Jawa Tengah (Tegal), Kalimantan, dan Sentani (Papua).

Secara umum, suhu di Tangsel yang mencapai suhu panas harian maksimum pada siang hari disebabkan oleh gerak semu matahari yang berada di dekat equator, seperti yang sebelumnya telah dilaporkan tim meteorologi BMKG.

Fenomena suhu di Tangsel mencapai 35,2 derajat celcius menjadi tanda dimulainya musim kemarau di Indonesia yang diprediksi berlangsung mulai Juni dengan puncaknya Juli sampai September 2024.

Untuk meminimalisir dampak suhu di Tangsel yang cukup panas, BMKG mengimbau masyarakat mengonsumsi air mineral yang cukup dan teratur agar terhindar dari dehidrasi.

Selain itu, disarankan juga untuk menggunakan pelindung seperti payung atau topi untuk melindungi kepala dan tubuh bagian atas.

Kacamata hitam juga diperlukan untuk melindungi mata, serta tabir surya yang berfungsi untuk melindungi kulit dari sinat ultraviolet (UV).

BMKG juga mengingatkan masyarakat untuk tak sembarangan melakukan pembakaran sampah dan meminta pemerintah daerah setempat untuk melakukan penyiraman darat guna mengurangi risiko kebakaran akibat terik matahari di kawasan hutan atau lahan.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Whatsapp Channel Tangselife di Ponsel Kamu
Dwi Oktaviani
Editor
Dwi Oktaviani
Reporter