TANGSELIFE.COM-Kinerja Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan mendapatkan apresiasi. 

Pakar Komunikasi Politik Tamil Selvan mengatakan kinerja pasangan Benyamin-Pilar itu sudah menuju ke arah yang lebih baik.

Pasalnya, katanya juga, banyak capaian yang telah diraih pada masa dua tahun kepemimpinan pasangan Benyamin-Pilar tersebut. 

Tamil mengacu pada 5 program kerja yang dicanangkan Benyamin-Pilar untuk menjalankan roda Pemerintahan Kota Tangerang Selatan periode 2021-2026.

Lima program tersebut di antaranya: Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, pembangunan infrastruktur yang saling terkoneksi, membangun kota yang lestari.

Lalu, meningkatkan ekonomi masyarakat berbasis nilai tambah tinggi di sektor ekonomi kreatif, dan membangun birokrasi yang efektif dan efisien. 

”Saya kira capaian sampai hari ini kepemimpinan Benyamin-Pilar itu semangatnya menuju progres lebih baik sesuai janji kampanyenya,” ujar Tamil dalam diskusi di Ruang Aspirasi DPRD Kota Tangsel, Sabtu 15 April 2023

Meski begitu, Tamil tak menampik masih ada kekurangan dari realiasi program kerja Benyamin-Pilar selama 2 tahun masa memimpin Kota Tangerang Selatan. 

Karena itu, dia mengingatkan kalau kekurangan itu harus sudah dituntaskan bersama di sisa masa kepemimpinan Benyamin-Pilar.

”Kalaupun ada kekurangan di berbagai sisi, itu salah satu poin yang harus kita tuntaskan bersama. Ada satu tahun setengah lagi, apa yang masih jadi kekurangan jadi fokus pembangunan ke depan,” ungkap Tamil juga.

Bahkan, Tamil menyebut dari 5 program pembangunan Benyamin-Pilar, paling menonjol terjadi pada pembangunan infrastruktur penanganan banjir.

”Ada progres program yang paling menonjol yakni pembangunan wilayah resapan air. Ini menunjukkan keseriusan pasangan Benyamin-Pilar memprioritaskan penanganan banjir selama 2 tahun pemimpin,” katanya juga. 

Untuk diketahui, wilayah Kota Tangerang Selatan berbatasan langsung dengan DKI Jakarta, Kota Tangerang, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Tangerang.

Jadi, jangan heran sungai di Kota Tangerang Selatan juga terkoneksi dengan wilayah tersebut. Jadi, jika ada kiriman air dari hulu atau dari Bogor maka sejumlah wilayah juga mengalami kebanjiran termasuk Kota Tangerang Selatan.

Tapi berkat penanganan banjir yang baik oleh jajaran Pemkot Tangerang Selatan, maka tingkat keparahan banjir yang terjadi di Kota Tangerang Selatan terutama di wilayah penduduk dapat diminimalisir.

Salah satu upaya mengurangi dampak banjir di wilayahnya, pasangan Benyamin-Pilar getol membangun tanggul sungai dan tandon air atau kolam retensi. 

Terbaru, Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie meresmikan kolam retensi atau tandon Kampung Bulak, di Kelurahan Pondok Kacang Timur, Kecamatan Pondok Aren pada Kamis, 16 Maret 2023 lalu. 

Sejumlah Bukti Capaian Kerja selama Dua Tahun

Sedangkan Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah  (Bappelitbangda) Tangerang Selatan, Bachtiar Priyambodo, memaparkan beberapa capaian yang berhasil diraih dalam beberapa tahun terakhir ini.

Capain yang diraih pasangan Benyamin-Pilar itu, kata Bachtiar juga, terlihat dari peningkatan beberapa indikator makro yang berhasil dicatatkan oleh kota yang bermoto Cerdas, Modern dan Religius tersebut.

“Dari indikator makro di LKPJ banyak yang sudah tercapai, beberapa ada yang tertinggi se-provinsi dan nasional,” kata Bachtiar dalam acara ’Diskusi Evaluasi Kinerja Benyamin-Pilar’, Sabtu, 15 April 2023.

Bachtiar juga menyebutkan, laju pertumbuhan ekonomi Kota Tangerang Selatan pada tahun 2022 tercatat berhasil mengalami kenaikan menjadi 5,82  jika dibandingkan tahun 2021 yang hanya 4,77.

Di sisi lain, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Tangerang Selatan juga berhasil mengalami kenaikan menjadi 81,95 persen jika dibandingkan pada tahun 2021 yang hanya 81,6.

”Ini bukti terjadi perbaikan yang signifikan. Contohnya IPM Kota Tangerang Selatan itu ada pada angka 81,95. Sementara untuk IPM tingkat Provinsi Banten hanya 73,32 dan nasional 72,91,” papar Bachtiar lagi. 

Artinya, katanya juga, tingkat IPM Kota Tangerang Selatan untuk tahun 2022 ini lebih tinggi dari Provinsi Banten dan tingkat nasional sekalipun. ”Ini bukti adanya perbaikan,” tandasnya.