TANGSELIFE.COM – Skema pelaksanaan program makan siang gratis masih terus disempurnakan hingga saat ini. Di beberapa wilayah program tersebut telah dilakukan uji coba.

Wakil Presiden Indonesia terpilih, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, sejauh ini sudah terdapat tiga wilayah yang sudah melaksanakan uji coba makan siang gratis. Di antaranya Surabaya, Solo dan Kota Tangerang.

Ia menyebut dari hasil pelaksanaan uji coba tersebut pihaknya telah mencatat beberapa evaluasi termasuk tahapan pemberian makanan yang nantinya akan dikonsumsi oleh para siswa.

“Yang terakhir di Tangerang saya rasa sudah cukup baik ya, mengikuti anjuran dari ahli gizi, misalnya kita memberi jeda dari pemberian susu dan makan siangnya,” kata Gibran, ketika melakukan blusukan di wilayah Kecamatan Ciputat Timur, Tangsel, Jumat, 9 Agustus 2024.

“Jadi makan siangnya di istirahat kedua, minum susunya di istirahat pertama. Lalu packagingnya bisa dicuci, bawa sendok dari rumah, jadi gak ada plastik yang terbuang,” tambahnya.

Gibran Masih Menyusul Skema Program Makan Siang Gratis untuk Wilayah Timur Indonesia

6 sekolah di Tangerang uji coba makan bergizi gratis
Uji coba makan bergizi gratis di Kota Tangerang sampai 9 Agustus 2024

Gibran menyebut, saat ini pihaknya masih melakukan perhitungan pelaksanaan program makan siang gratis khusus untuk di wilayah timur Indonesia.

Ia tak menampik bahwa pelaksaan program makan siang gratis khusus di wilayah timur Indonesia akan berbeda penerapannya dengan wilayah lain.

Termasuk di dalamnya meliputi masalah kebutuhan logistik dan ketersediaan pangan.

“Ini kita sedang persiapan di luar Jawa. Tunggu ya saya butuh waktu untuk mempersiapkan, terkait logistik dan lain-lain, nanti kami akan perhitungkan ya,” tuturnya.

Putra Presiden Joko Widodo itupun mengungkapkan, pihaknya juga masih melakukan perhitungan terkait anggaran yang nantinya akan digunakan untuk melaksanakan program tersebut.

“Ada yang pake dana BOS, yang kemarin itukan inisiatif dari pak Pj Walikota (Tangerang), ada yang menggunakan CSR. Ini uji coba, saya belum dilantik, yang namanya uji coba kan boleh kita uji coba dulu dan sekaligus menerima masukan dari orang-orang,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Jihan Hoirunisa
Editor
Andre Pradana
Reporter