TANGSELIFE.COM- Perguruan tinggi swasta di Indonesia berhasil masuk peringkat perguruan tinggi terbaik di dunia versi Quarcquarelli Symonds (QS) World University Rangkings (WUR) 2024.

Sebanyak 26 perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam pemeringkatann yang dilakukan QS WUR 2024 yang dirilis pada 28 Juni 2023.

Lebih dari 20 perguruan tinggi di Indonesia baik negeri maupun swasta yang masuk ke dalam daftar 500 perguruaan tinggi terbaik  dunia.

Diantaranya terdapat tujuh perguraan tinggi swasta yang masuk dalam daftarnya yaitu.

Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia yang Terbaik Versi QS World University Rangking 2024. 

  • Bina Nusantara (BINUS)

Perguruan tinggi swasta ini namanya sudah tidak asing lagi di telinga kita, Binus Univeristy adalah Perguruan tinggi swasta yang lokasinya sudah tersebar diberbagai kota.

Binus terdapat di Kota Jakarta, Bekasi, Bandung, Malang dan Semarang.

Perguruan tinggi ini tidak perlu diragukan lagi kualitasnya dengan segudah prestasi yang pernah diraih, baik dalam lingkup nasional dan internasional.

Binus Universitas ini juga dikenal sebagai Perguruan tinggi yang ahlik di bidang teknologi.

Salah satu program yang menjadi andalan di kampus ini yaitu Apple Developer Academy.

Ini merupakan program kalaborasi yang membantu mahasiswa belajar mengembangkan aplikasi digital yang dipandu langsung oleh para ahli dari Apple.

Banyaknya prestasi dan program ungulan yang dimiliki Binus, membuat Perguruan tinggi ini memiliki akreditasi “Unggul” dari BAN-PT.

Hal ini membuka kesempatan yang besar di dunia kerja untuk lulusan dari Perguruan tinggi ini.

Peringkat QS WUR 2024: 1001-1200

  • Telkom University

Perguruan tinggi swasta ini didirikan pada tanggal 14 Agustus 2013 dibawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom.

Perguruan tinggi ini gabuangan dari empat institusi, yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajamen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, serta Sekolah Tinggi Seni Rupa dan DesaiN (STSI).

Perguruan tinggi swasta ini pernah masuk ke peringat 1 Perguruan tinggi swasta terbaik di tahun 2019 dan 2020 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Telkom University telah melakukan berbagi kerja sama denngan  lembaga  dan perguruan tinggi dari dalam negeri maupun luar negeri.

Universitas ini memiliki akreditasi unggul dan berlokasi di Bandung, Jawa Barat.

Peringkat QS WUR 2024: 1001-1200

  • Universitas Katolik Atma Jaya Indonesia, Jakarta.

Perguruan tinggi swasta ini meimiliki tiga lokasi di tempat yang berbeda-beda, kampus 1 Semangggi, Kampus 2 Pluit dan kampus 3 BSD.

Unika Atma Jaya mempunyai akreditasi A atau “unggu” dari Badan Akreditasi Nasional Perguraan Tinggi (BAN-PT).

Perguruan tinggi swasta ini masuk ke dalam daftar 50 Promising Indonesia Universitas dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Pada tahun 2018, Unika Atma Jaya menjadi Perguruan tinggi Indonesia terbaik versi Quacquarelli Symonds (QS)

Di tahun 2020, Unika Atma Jaya mendapat peringkat lima untuk kategori Online Learning yang  dilakukan oleh lembaga peringkat dunia (QS), yang  berbasis di London.

Peringkat  QS WUR 2024: 1201-1400

  • Univesitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Perguruan tinggi swasta ini berlokasi di Yogyakarta didirikan pada 8 Juli 1945. Kampus ini dikenal dengan sebutan kampus intelektual yang berakar kuat pada kebebasan akademik.

Kualitas perguruan tinggi swasta ini tidak bisa diragukan lagi, karena UII mendapatkan akreditasi “unggul” dari BAN-PT dan mendapat bintang tiga dari QS Asian University Rangkings di tahun 2021.

UII terus menjalankan program kolaborasi di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan dakwah islamiyah sebagai kampus mpndial.

Peringkat QS WUR 2024: 1201-1400

  • Universitas Muhamadiyah Yogyakarta.

Perguruan tinggi swasta ini lahir dari hasil keputusan musyawarah MuhamMadiyah Wilahya DIY, didorong oleh rasa kesadaran bahwa pendidikan tinggi adalah tangung jawab seluruh masyarakat Indonesia.

Perguruan tinggi ini menjadi salah satu kampus swasta terbesar yang ada di Yogyakarta.

Peringkat QS WUR 2024: 1201-1400.

  • Universitas Kristen Petra.

Perguruan tinggi swasta ini berlokasi di Kota Surabaya, Univeristas Kristen Petra ini mendapatkan akreditasi “A” dari BAN PT.

UK Petra memiliki delapan fakultas yang terdiri dari fakultas teknik, ekonomi, keguraan dan seni.

Peringkat QS WUR 2024: 1401+

  • Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Perguruan tinggi swasta ini telah didirikan sejak tahun 1981, berlokasi di Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo.

UMS berfokus dalam bidang pendidikan budaya islami dan ilmu pengetahuan serta keterampilan yang dilandasi nilai-nilai keislaman.

Universitas Muhamamadiyah surakarta berada dibawah naungan orgnisasi Muhammadiyah dan merupakan salah satu dari 164 Perguruan tinggi Muhmmadiyah  di  Indonesia.

Peringkat QS WUR 2024: 1401+