TANGSELIFE.COM – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman lakukan peninjauan ke Kabupaten Tangerang, Kamis, 6 Juni 2024.

Kunjungannya ke Kabupaten Tangerang tersebut, untuk mengecek ketersediaan hewan kurban khususnya sapi jelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Mentan Andi pun langsung datang ke lapak-lapak serta pabrik pakan mini milik penggemukan sapi PT Lembu Setia Abadi Jaya (LSAJ) Farm Tangerang.

“Kita cek tadi, ketersediaan hewan kurban aman, saya sudah terima laporannya dan semuanya aman, jumlahnya cukup,” ungkapnya.

Andi mengatakan, saat ini terus dilakukan memonitor ketersediaan hewan kurban di seluruh daerah yang ada di Indonesia untuk memastikan ketersediaannya.

Disebutkan juga oleh Andi, bahwa pemerintah akan fokus memastikan dari aspek kesehatan hewan dengan melakukan berbagai langkah penting untuk memastikan kelancaran pelaksanaan kurban tahun ini.

“Kami juga memastikan sertifikasi hewan di sini, pemeriksaan keseluruhannya, dan juga tadi kita ajak petugas untuk langsung mengecek kesehatan hewan kurban,” ungkapnya.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH), secara nasional, kebutuhan hewan kurban berada pada angka 1,97 juta ekor, dengan ketersediaannya yang mencapai 2,06 juta ekor, maka ketersediaan hewan kurban tahun ini berpotensi surplus hingga 88 ribu ekor.

Dapat dipastikan juga untuk jumlah ketersediaan hewan kurban baik sapi, kerbau, kambing maupun domba memenuhi kebutuhan nasional sangat mencukupi.

 

 

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Sopiyan
Editor
Sopiyan
Reporter