TANGSELIFE.COM-Bencana alam berupa tanah longsor kembali terjadi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tanah longsor ini terjadi di tujuh kampung di wilayah tersebut. 

Peristiwa tanah longsor itu menimpa Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor. Akibat longsor ini sebanyak 49 rumah rusak. 

“Longsor menimpa tujuh kampung akibat hujan deras yang terjadi sebelumnya,” terang Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Aris Nurjatmiko dikutif Kamis 26 April 2023.

Adapun tujuh kampung itu adalah Kampung Banar, Kampung Nanggela, Kampung Nanggung, Kampung Siranggap, Kampung Bojong Menteng, Kampung Batu Putih, dan Kampung Pasir Tugu. 

Aris juga mengatakan kalau peristiwa longsor itu terjadi pada Senin 24 April 2023 pukul 18.00 WIB usai hujan deras yang melanda daerah tersebut. 

Dia juga mengatakan sebelum longsor terjadi di tujuh kampung itu, hujan deras turun melanda Kecamatan Nanggung dengan intensitas yang lama. 

Hujan deras yang terjadi di Kecamatan Nanggung itu terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama. Tidak lama kemudian, terjadi tanah longsor di 7 titik.

“Longsor terjadi akibat hujan deras dengan intensitas tinggi yang berdurasi cukup lama. Tanah longsor ini terjadi di 7 titik berlokasi di tujuh kampung berbeda,” papar Aris juga. 

Petugas BPBD Kabupaten Bogor yang mendapat laporan adanya longsor segera mendatangi lokasi untuk melakukan asesmen kebencanaan.

Hasil asesmen petugas BPBD Kabupaten Bogor tercatat 49 rumah mengalami kerusakan dampak tanah longsor tersebut. 

Kerusakan yang menimpa 49 rumah itu mulai dari rusak ringan, rusak sedang, hingga rusak berat. Rinciannya, 9 rumah rusak rusak ringan, 5 unit rumah rusak ringan dan 3 unit rumah rusak berat. 

Untuk 9 unit rumah rusak ringan itu dihuni 9 KK (25 jiwa), lalu 5 unit rumah rusak sedang dihuni sebanyak 5 KK (18 jiwa), dan 3 unit rumah rusak berat dihuni 3 KK (6 jiwa). 

“Sisa rumah lainnya yang rusak akibat longsor masih dalam pendataan.  Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu,” ungkap Aris juga. 

Akibat bencana tanah longsor itu, membuat tiga keluarga berisi enam orang mengungsi karena kondisi rumahnya rusak parah. 

“Warga itu mengungsi ke rumah saudaranya yang lokasinya berdekat dengan rumahnya yang rusak kena longsor,” tandas Aris lagi. 

Masyarakat bersama BPDB Kabupaten Bogor dan instansi terkait sudah melakukan gotong royong membersihkan rumah yang rusak akibat longsor tersebut. 

Akses Penghubung Desa Malasari Juga Longsor

Hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor pada Senin 24 April 2023  malam juga berdampak longsor di Desa Malasari. 

Jalan penghubung Desa Malasari dengan daerah lain mengalami longsor hingga tidak dapat dilalui kendaraan roda empat.

Petugas Polsek Nanggung bersama intasi terkait langsung melakukan pengecekan dan penanganan longsor pada akses jalan desa tersebut.

Kaposlek Nangung, AKP Jony Handoko mengatakan, mereka telah melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan penanganan lebih lanjut terkait longsornya jalan desa tersebut. 

“Guna mengantisipasi longsor susulan kami mengimbau warga berhati-hati saat melalui jalan yang longsor itu,” ujarnya.