TANGSELIFE.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta melakukan uji coba penutupan U-turn (putaran balik) Citywalk Jakarta Pusat dan Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca Jakarta Selatan.

Dikutip dari unggahan di Instagram @dishubdkijakarta, Dishub DKI Jakarta akan melakukan uji coba penutupan U-turn Citywalk dan penutupan terbatas di JLNT Casablanca pada 1 April sampai 15 April 2024.

“Diimbau kepada para pengguna jalan agar dapat menyesuaikan peraturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan,” tulis @dishubdkijakarta melalui Instagram.

Selama pelaksanaan uji coba penutupan U-turn Citywalk akan dilakukan rekayasa lalu lintas, yakni penutupan U-turn Citywalk arah timur-timur dan arah barat-barat di Jalan KH Mas Mansyur Jakarta Pusat.

Alternatif Jalan Selama Penutupan U-Turn Citywalk dan JLNT Casablanca

Berikut adalah alternatif putaran yang bisa dilalui pengendara:

  1. Apabila kendaraan dari arah Timur (Casablanca) yang ingin ke Timur/Utara (Sudirman) bisa menggunakan putaran Timur-Timur di depan Apartemen Cassadomaine sejauh 600 meter dari putaran eksisting
  2. Apabila kendaraan dari arah Barat (Tanah Abang) yang akan ke Barat (Penjernihan) bisa menggunakan putaran Barat-Barat di depan Intiland sejauh 500 meter atau yang akan menuju ke Selatan (Senayan) bisa menggunakan putaran Barat-Barat di depan Wihara Amurva Bhumi sejauh kurang lebih 1 kilometer dari putaran eksisting

Selain itu, Dishub juga melakukan pengaturan SSA (Sistem Satu Arah) di Jalan Karet Pasar Baru Timur 1 ke arah dalam/Utara (Sudirman).

Lalu lintas dari jalan Karet Pasar Baru Timur 2 yang akan menuju ke Jalan Habib Usman Murti bisa menerus di Jalan Karet Pasar Baru Timur 2 – belok kiri ke Jalan R.M Margono Djojohadikoesoemo – belok kiri ke Jalan Habib Usman Mufti – Jalan K.H. Mas Mansyur.

Akan dilakukan juga kanalisasi dengan Moveable Concrete Barrier pada frontage Jalan Layang Non Tol (JLNT) arah ke Timur (Casablanca).

Sehingga lalu lintas dari kawasan Sahidyang akan menuju JLNT Casablanca bisa melalui Jalan Karet Pasar Timur 5.

Selama penutupan terbatas, JLNT Casablanca Jaksel akan melakukan rekayasa lalu lintas sebagai berikut:

  1. Penutupan terbatas JLNT Casablanca mulai 00.00 WIB sampai 04.00 WIB di kedua sisi yakni sisi Citywalk dan sisi Kota Casablanca
  2. Sebagai rute alternatif kendaraan dari arah Tanah Abang maupun Casablanca bisa melalui jalur bawah Jalan Prof. Dr. Satrio
Dwi Oktaviani
Editor