TANGSELIFE.COM – Festival musik Balad Beast berhasil digelar selama dua hari, 18-19 Januari 2024 lalu, di Al-Balad, Kota Jeddah Arab Saudi.

Untuk pertama kalinya pemerintah Arab Saudi mengizinkan festival yang memperbolehkan laki-laki dan perempuan bercampur dalam satu kawasan.

Meskipun demikian, kebijakan larangan alkohol masih diterapkan secara ketat.

Penampilan Ty Dolla $ign, Wu-Tang Clan, Major Lazer, dan musisi lainnya di panggung Festival Musik Balad Beast merupakan sebuah upaya untuk menarik lebih banyak wisatawan asing dan generasi muda ke wilayah yang dinobatkan sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO ini.

Pemerintah Saudi juga menargetkan sekitar 3 ribu kamar hotel baru di kawasan Al-Balad dengan tujuan menarik jutaan wisatawan.

Upaya ini seiringan dengan rencana ambisius Putra Mahkota Arab Saudi yakni Mohammed bin Salman yang ingin perlahan-lahan mengalihkan sumber perekonomian Saudi dari minyak mentah ke pariwisata dan bisnis.

Di bawah pimpinannya, Saudi sudah mengoperasikan bioskop, mengizinkan perempuan mengemudi, dan menjadi tuan rumah untuk festival musik besar dengan aturan larangan konsumsi alkohol yang cukup ketat.

Sayangnya, baru-baru ini Arab Saudi membuka toko miras pertamanya dalam lebih 70 tahun. Diketahui bahwa miras yang dijual hanya diperuntukkan bagi diplomat yang non-Muslim.

Sebelum membelinya, pelanggan harus menunjukkan kartu identitas mereka pada petugas toko.

Selain festival musik Balad Beast, area seluas 2,5 kilometer persegi direncanakan diubah menjadi kafe, museum, ruang pertunjukan, dan lokakarya untuk seniman dan pengrajin.

Penduduk Jeddah mengaku khawatir mengenai perubahan di lingkungan tempat tinggal mereka tersebut yang sangat terkait dengan ibadah haji tahunan dan pasar tradisional Ramadan.

Kekhawatiran tersebut bertolak belakang dengan apa yang terjadi di festival musik Balad Beast yang memperlihatkan sejumlah penonton memakai cat wajah berkilauan dan glow stick.

Bahkan sebagian besar perempuan tak menutupi rambut dan wajah.

“Saya hadir malam ini karena saya ingin melihat seperti apa suasana festival musik di Arab Saudi ini. Ini sebenarnya pertama kalinya saya menghadiri festival semacam ini dan saya benar-benar sangat terkesan,” ucap salah seorang pengunjung yang hadir di festival musik Balad Beasr.

Dwi Oktaviani
Editor