TANGSELIFE.COM – Polsek Ciputat Timur kembali angkat bicara memberikan penjelasan terkait kecelakaan di Ciputat, tepatnya  di Jalan Ir Haji Juanda pada Sabtu malam 27 Januari 2024.

Sebelumnya, penyebab kecelakaan yang menewaskan dua pemotor itu masih menjadi perdebatan, apakah kedua pengendara melakukan aktivitas balapan atau tidak.

Unit Lalu Lintas Polsek Ciputat Timur, Bripka Taufiq mengatakan, pihaknya meyakini bahwa kejadian tersebut termasuk ke dalam klasifikasi balapan.

Ia mengungkapkan, berdasarkan informasi yang didapatkan dari saksi mata, kedua pengendara sepeda motor melaju dengan kecepatan tinggi.

“Konteksnya sebuah balapan itu kan ada kecepatan atau speeding, mereka ini dari awal lampu merah Gintung itu sudah siap-siap adu kecepatan,” kata Bripka Taufiq, saat ditemui di Mapolsek Ciputat Timur, Senin 29 Januari 2024.

Taufiq menyebut, saat ini banyak masyarakat yang menganggap bahwa balapan itu hanya aktivitas yang dilakukan di dalam arena atau sirkuit.

Padahal, lanjutnya, jika didapati ada kendaraan yang saling melakukan adu kecepatan itu juga bisa disebut sebagai aktivitas balapan.

“Jadi itu bisa disebut balapan, karena memang adu kecepatan kendaraan speed. Karena balapan itukan adu kecepatan,” terangnya.

Taufiq mengungkapkan, kedua pengendara tersebut juga diprakirakan melaju kendaraannya melebihi batas kecepatan maksimal.

Hal itu terlihat dari kondisi korban yang hingga meninggal dan kerusakan yang terjadi pada kedua motor tersebut.

“(jalan) Ini kan intensitas kendaraan lumayan, penyeberang juga lumayan (banyak) apalagi banyak gang-gang, alangkah baiknya sebuah kendaraan (melaju) di kecepatan 40 sampai 60 itu sudah maksimum banget,” ujarnya.

Melaju Cepat dan Hilang Kontrol

Taufiq menyebut, berdasarkan informasi yang diperoleh pihaknya, pengendara tersebut melaju dengan kecepatan tinggi sehingga menyebabkan kendaraan tidak terkontrol.

“Pas di depan warung steak belokan itu dia berbenturan, tidak ditabrak tapi mereka berbenturan, adu kendaraan, kesenggol, yang Lexy balik lagi ke arah kanan dan mental ke lajur yang arah berlawanan,” tuturnya.

Silang Pendapat Penyebab Kecelakaan

Meski pihak kepolisian menyatakan bahwa kecelakaan terjadi karena disebabkan adanya aktivitas balapan, namun pernyataan itu sempat dibantah oleh satu satu netizen di akun sosial media Instagram dengan nama @gretssh.

Ia sendiri dikabarkan merupakan salah satu rekan pengendara yang menjadi korban meninggal dunia akibat kecelakaan tersebut.

Ia mengklaim bahwa kejadian itu bukan karena balapan liar, menurutnya itu merupakan sebuah kecelakaan lantaran rekannya pada saat itu sedang dalam perjalanan menuju pulang ke rumah.

“Tolong banget ini ya yang Yamaha Lexy bukan balap liar, dia abis pulang dari rumah gue dan habis kerja juga capek,” tulisnya.