TANGSELIFE.COM– Fitur terbaru TikTok yakni label AI telah diluncrukan untuk memberi tanda konten foto, video, audio, dan efek yang dibuat oleh artificial intelligence/ AI.

Kini TikTok telah mewajibkan para konten kreator untuk memberl label khusus kepada konten yang dihasilkan dengan bantuan AI.

Nantinya, label AI akan disematkan pada bagian antara nama pengguna dan informasi lagu.

Fitur label AI ini juga menjadi pengingat dan dapat menghapus secara otomatis jika label ini tidak diberikan di konten AI.

Uji coba fitu terbaru TikTok ini akan mulai dilakukan ke seluruh pengguna pada pekan ini.

TikTok Merilis Fitur terbaru, Beri Label AI untuk Konten Khusus.

Fitur label AI yang dihadirkan TikTok menjadi salah satu upaya lanjutan untuk menghadirkan konten transaparan dan beratanggung jawab pada platformnya.

Tak hanya di TikTok, kontan AI telah tersebar dengan cepat di banyak platform media sosial lain.

Banyak para konten kreator yang menggunakan AI ini tidak bertanggung jawab dengan menyebarkan informasi palsu dan bohong.

Maka dari itu, pada awal tahun 2023 ini TikTok telah memperbarui pedoman komunitas dan pengguna terkait konten berbasis kecerdasan buatan/ AI.

Dua kebijakan ini mengharuskan pengguna untuk meberikan label AI pada konten yang berisi gambar, audio, atau video realistis yang terbuat dari kecerdasan buatan.

Namun, pengguna dapat menggunakan opsi lain, seperti stiker atau keterangan dalam bentuk lain agat tidak melanggar pedoman komunitas apapun.

Untuk saat ini, TikTok masih mengembangkan algoritmanya sendiri untuk memberi label pada konten AI secara otomatis, tapi hingga kini belum diumumkan kapan perilisan fitur ini diluncrukan.

Tujuan dari pemberian label AI untuk membantu penonton mengontekstualisasikan video itu dan mencegah potensi penyebaran konten bohong yang dapat menyesatkan.

Kebijakan Label AI untuk Meminimalisir Penyebaran Konten Bohong.

Terdapat tiga poin kebijakan label AI-generated, sebagai berikut:

1. Konten kreator harus menyematkan label khusus pada konten yang dibuat secara keseluruhan telah diedit secara signifikan menggunakan aplikasi atau fitur kecerdasan buatan.

2. Label untuk konten AI ini wajib untuk digunakan untuk mengetahui pengguna lain terkait perbedaan antara konten original dengan konten modifikasi AI.

3. TikTok berwenang untuk menghapus atau take down konten AI yang tidak menyematkan label atau keterangan khusus.

TikTok berpendapat, adanya fitur pemberian label konten AI ini bisa memperjelas kepada penonton jika ada konten yang diubah atau dimodifikasi secara keseluruhan oleh AI.