TANGSELIFE.COMGempa Banten M 5,4 hari ini berkekuatan magnitudo 5,4 berpusat di wilayah Sumur, Kabupaten Pandeglang.

BMKG menyebutkan, gempa Banten M 5,4 terjadi pada Rabu 10 Mei 2023 pukul 11.24 WIB.

Getaran gempa yang terjadi di salah satu kecamatan di Kabupaterasa Pandeglang itu dirasakan sejumlah warga hingga di Jakarta.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan kalau gempa terjadi di kedalaman 10 km 78 km Barat laut Sumur Banten.

“Gempa Banten Magnitudo 5.4, kedalaman 10 km, koordinat: 6.47 LS-104.90 BT (78 km BaratLaut SUMUR-BANTEN),” demikian yang disampaikan melalui akun Twitter @infoBMKG pada Rabu 10 Maret 2023.

BMKG juga memastikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami di laut yang ada di sekitar Selat Sunda tersebut.

BMKG juga menyebutkan pusat gempa itu terletak pada koordinat 6,47°Lintang Selatan (LS) dan 104,90° Bujur Timur (BT).

Gempa Banten M 5,4 Termasuk Gempa Bumi Dangkal

Gempa Banten M5,4 disebut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono merupakan gempa bumi dangkal.

Hal itu terlihat dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya yang diakibatkan adanya aktivitas sesar aktif.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip),” kata Daryono dalam keterangannya, Rabu 10 Mei 2023. 

Gempa Banten M5,4 berdampak dan dirasakan di daerah Kabupaten Pandeglang dengan skala intensitas III MMI. Kemudian daerah Sukabumi, Lebak, Serang, Cilegon dengan skala intensitas II – III MMI. 

Selanjutnya gempa juga dirasakan di daerah Tangerang Selatan dan Bogor dengan skala intensitas II MMI dan hingga wilayah Jakarta terutama Jakarta Selatan. 

Sejumlah pengguna Twitter riuh terkai gempa tersebut. Mereka menyampaikan langsung apa yang dirasakan ketika gempa yang berpusat di Sumur, Banten itu terjadi.

Innalillahi, gue lagi di lantai 8, gak berasa cuma kaya pusing saja. Teman-teman yang pada teriak gempa, semoga baik-baik saja,” cuit @euiShnay.

Pemilik akun @euiShnay juga menuliskan kalau dirinya berada di perkantoran di wilayah Jakarta Selatan saat gempa terjadi.

Gempa banten M 5,4 itu tak sampai membuat masyarakat Banten dan sekitarnya panik sehingga aktivitas kembali normal.