TANGSELIFE.COM – Pagi ini, masyarakat Kupang, Nusa Tenggara Timur dibuat panik dengan gempa berkekuatan Magnitudo (M) 6,3.

Gempa tersebut terjadi pada Kamis, 2 November 2023, pukul 04.04 WIB, dan tidak berpotensi tsunami.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pun langusng merilis resmi data terkait gempa di Kupang.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 10,26° LS ; 123,72° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 15 Km arah Tenggara Kupang Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 25 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono menjelaskan, bahwaguncangan yang terjadi merupakan jenis gempa bumi Kerak Dangka..

“Gempa itu dipicu aktivitas aktif di lokasi gempa. Dari analisis sumber menunjukan gempa memiliki mekanisme turun,” katanya.

Gempa bumi ini dirasakan di daerah Kupang dengan intensitas IV MMI. Tak hanya di Kupang, gempa pun dirasakan hingga daerah Alor,” lanjutnya.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Kupang dengan skala intensitas VI MMI daerah Kabupaten Timor Tengah Selatan dengan skala intensitas IV-V MMI daerah Rote dan Waingapu dengan skala intensitas III MMI.

“Daerah Alor dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ),” tambahnya.

Daryono menegaskan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. BMKG belum menerima laporan adanya gempa susulan.

“Hingga pukul 04.40 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock),” pungkasnya.

Sopiyan
Editor