TANGSELIFE.COMGempa bumi Magnitudo 7,4 mengguncang wilayah Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, pada hari Selasa 29 Agustus 2023 pukul 02.55 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan titik gempa bumi Magnitudo 7,4 berada pada kedalaman 10 km serta berjarak 180 km sebelah tenggara Tanah Bumbu.

Titik gempa yang berada pada koordinat -4.38 Lintang Selatan dan 116.90 Bujur Timur tersebut tidak berpotensi tsunami.

Gempa Bumi Magnitudo Terasa di Beberapa Wilayah

Bukan hanya di Kalimantan Selatan, gempa bumi Magnitudo 7,4 terasa sampai beberapa wilayah di Tanah Air dengan beragam skala MMI (Modified Mercalli Intensity).

Di Pulau Bali seperti Gianyar dan Denpasar intensitas gempa terasa dengan V skala MMI.

Di Pulau Lombok, getaran gempa di Tanah Bumbu dirasakan di sekitar Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Waingapu Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan IV skala MMI.

Kekuatan gempa Magnitudo 7,4 juga dirasakan di sebagian Pulau Jawa dengan III skala MMI, yakni di Karangkates, Kuta Selatan, dan Tabanan.

Sementara di wilayah Trenggalek, Bantul, dan Blitar, getaran gempa Tanah Bumbu juga terasa dengan II skala MMI.

Skala MMI V sampai III bermakna gempa dirasakan oleh orang banyak tetapi tidak menimbulkan kerusakan, sementara Skala MMI II berarti hanya dirasakan oleh beberapa orang.

Gempa di Atas Magnitudo 5 Hari Ini

Sekitar dua jam sebelum terjadinya gempa bumi Magnitudo 7,4 di Tanah Bumbu, telah terjadi pula guncangan di Pulau Karatung, Sulawesi Utara (Sulut).

BMKG melaporkan telah terjadi gempa bumi Magnitudo 5,9 di 37 km barat daya Pulau Kuratung, Sulut, pada pukul 00.59 WIB.

Titik gempa terjadi pada 4.61 Lintang Selatan dan 126.78 Bujur Timur, serta berada di kedalaman 22 km.