TANGSELIFE.COM – PT Astra International Tbk (ASII) membantah isu adanya imbauan dari Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Dirjen PKTN) Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk recall produk PT Astra Honda Motor (AHM).

Terkait isu Kemendar minta recall atau penarikan produk rangka eSAF sepeda motor matic Honda, ASII telah meminta penjelasan PT AHM.

Seperti diketahui, belakangan ini viral keluhan konsumen bahwa rangka eSAF sepeda motor matic Honda mudah karatan dan keropos.

Sontak hal tersebut disorot banyak pihak, termasuk Kemendag.

Namun demikian, Executive Vice President Director Astra Honda Motor, Thomas Wijaya, membantah isu bahwa Dirjen PTKN Kemendag memerintahkan recall pada produk PT AHM.

“Kami memperoleh klarifikasi bahwa tidak ada pernyataan terkait imbauan maupun perintah penarikan produk dari Direktorat Pemberdayaan Konsumen Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan kepada Astra Honda Motor,” tulis Thomas pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa 29 Agustus 2023.

Sebelumnya pada Jumat 25 Agustus 2023, Kemendag melalui Dirjen PTKN telah memanggil manajemen PT AHM untuk klarifikasi terkait permasalahan rangka eSAF.

“Ditjen PKTN berwenang melakukan pembinaan dan edukasi untuk memastikan terpenuhinya kewajiban pelaku usaha serta perlindungan dan pemulihan hak konsumen yang dirugikan,” ujar Plt Dirjen PKTN, Moga Simatupang.

Layanan Perbaikan Rangka eSAF Gratis

Saat ini, pengguna sepeda motor matic Honda yang menggunakan rangka eSAF bermasalah dapat melakukan penggantian secara gratis di bengkel resmi Honda.

Pengguna sepeda motor Honda yang rangka eSAF-nya bermasalah bisa langsung mendatangi bengkel resmi atau AHASS terdekat untuk melakukan perbaikan dan perawatan secara gratis.

Atau, bisa juga terlebih dahulu menghubungi customer service PT Astra Honda Motor (AHM) melalui telepon 1-500-989, email di customercare@astrahonda.com, atau SMS di 0811-9500-989.

Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Ahmad Wildan, mengatakan layanan pemeliharaan dan perawatan rangka eSAF bermasalah di bengkel resmi dilakukan secara gratis.

Layanan perbaikan secara gratis di bengkel resmi Honda merupakan salah satu keputusan terkait permasalahan rangka eSAF dalam pertemuan antara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), KNKT, dan PT AHM.

“Konsumen yang mengeluh terkait dengan rangka Honda eSAF bisa menghubungi AHASS terdekat untuk mendapatkan layanan pemeliharaan perawatan sesuai dengan kondisi yang ada. Gratis,” kata Wildan, Senin 28 Agustus 2023.

rangka eSaf bermasalah dapat langsung mendatangi bengkel resmi atau AHASS terdekat untuk melakukan perbaikan dan perawatan secara gratis.
Bengkel resmi atau AHASS memberikan perbaikan ranga eSAF secara gratis.

Dari hasil pertemuan tersebut, Kemenhub, KNKT, dan PT AHM juga membentuk tim investigasi guna melakukan penyelidikan terkait masalah rangka eSAF.

Tim investigasi ini bertujuan mencari fakta dan data yang lebih komprehensif terkait persoalan rangka eSAF secara teknis.

“Pemerintah memberikan perhatian yang sangat tinggi dan serius, yaitu melalui pembentukan tim untuk melakukan penelitian bersama,” tegas Wildan.

Kendati begitu, layanan pemeliharaan dan perawatan tentunya baru akan diberikan berdasarkan hasil pemeriksaan dari pihak bengkel.

Ditambah, tidak semua permasalahan pada eSAF harus diselesaikan dengan mengganti rangka.

“Yang dibutuhkan apa? Kalau memang harus diganti ya diganti, kalau memang hanya diperbaiki, di-maintenance, dan sebagainya ya di-maintenance,” jelas Wildan.

Disamping itu, PT AHM juga akan menyediakan pusat pengaduan guna menampung keluhan konsumen tentang rangka eSAF.