TANGSELIFE.COM – Pemilik sepeda motor Honda yang menggunakan rangka eSAFbermasalah, kini bisa melakukan penggantian secara gratis di bengkel resmi Honda.

Pengguna sepeda motor Honda yang rangka eSAF-nya bermasalah dapat langsung mendatangi bengkel resmi atau AHASS terdekat untuk melakukan perbaikan dan perawatan secara gratis.

Atau, bisa juga terlebih dahulu menghubungi customer service PT Astra Honda Motor (AHM) melalui telepon 1-500-989, email di customercare@astrahonda.com, atau SMS di 0811-9500-989.

Layanan Perbaikan Rangka eSAF Gratis

Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Ahmad Wildan, mengatakan layanan pemeliharaan dan perawatan rangka eSAF bermasalah di bengkel resmi dilakukan secara gratis.

Layanan perbaikan secara gratis di bengkel resmi Honda merupakan salah satu keputusan terkait permasalahan rangka eSAF dalam pertemuan antara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), KNKT, dan PT AHM.

“Konsumen yang mengeluh terkait dengan rangka Honda eSAF bisa menghubungi AHASS terdekat untuk mendapatkan layanan pemeliharaan perawatan sesuai dengan kondisi yang ada. Gratis,” kata Wildan, Senin 28 Agustus 2023.

Dari hasil pertemuan tersebut, Kemenhub, KNKT, dan PT AHM pun melakukan penyelidikan terkait masalah rangka eSAF dengan membentuk tim investigasi.

Tim investigasi ini bertujuan mencari fakta dan data yang lebih komprehensif terkait persoalan rangka eSAF secara teknis.

“Pemerintah memberikan perhatian yang sangat tinggi dan serius, yaitu melalui pembentukan tim untuk melakukan penelitian bersama,” tegas Wildan.

Kendati begitu, layanan pemeliharaan dan perawatan tentunya baru akan diberikan berdasarkan hasil pemeriksaan dari pihak bengkel.

Ditambah, tidak semua permasalahan pada eSAF harus diselesaikan dengan mengganti rangka.

“Yang dibutuhkan apa? Kalau memang harus diganti ya diganti, kalau memang hanya diperbaiki, di-maintenance, dan sebagainya ya di-maintenance,” jelas Wildan.

Disamping itu, PT AHM juga akan menyediakan pusat pengaduan guna menampung keluhan konsumen tentang rangka eSAF.

Viral Rangka eSAF Keropos dan Mudah Patah

Sebelumnya, viral rangka eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame) yang terdapat pada beberapa jenis sepeda motor matic Honda mudah keropos dan patah.

Beberapa pengguna sosial media membagikan kondisi sepeda motor Honda mereka dengan berbagai jenis masalah eSAF, seperti keropos sampai patah.

Direktur Pemasaran AHM, Octavianus Dwi Putro, menyebut ada beberapa faktor penyebab eSAF rusak, tergantung pada kasus kerusakannya.

Jika kasusnya disebabkan oleh kesalahan pabrik, pihak AHM akan melakukan penggantian pada konsumen dengan cara klaim garansi.

Sementara itu, Senior Manager Corporate Communication PT AHM Rina Listiani mengatakan pihak Honda perlu memeriksa rangka tersebut mengetahui penyebab pasti.

“Kami sarankan konsumen dapat melakukan pengecekan di AHASS (bengkel resmi motor Honda),” kata Rina.

Adapun General Manager Komunikasi PT AHM, Ahmad Muhibbuddin, memastikan setiap motor Honda yang dipasarkan sudah dilakukan uji kualitas.

Ahmad menyampaikan bahwa komitmen AHM terhadap kualitas sepeda motor Honda yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia tidak perlu diragukan.

“Kami berusaha memberi produk dengan kualitas terbaik sesuai dengan uji quality yang kami lakukan,” kata Ahmad.

“Setiap produk sepeda motor baru yang kami kirim ke konsumen itu sudah melalui uji kualitas, itu adalah prioritas buat kami.”

“Karena memang kualitas itu terpenting, terutama buat kami, agar kami bisa menemani konsumen berkendara dengan aman dan nyaman,” tambahnya.

Tentunya tidak semua jenis sepeda motor Honda menggunakan rangka eSAF.

Daftar Motor Honda dengan Rangka eSAF :

1. Beat 2020 hingga sekarang

2. Beat Street 2020 hingga sekarang

3. Scoopy 2020 hingga sekarang

4. Vario 160 2022 hingga sekarang

5. Genio 2019 hingga sekarang