TANGSELIFE.COM – Presiden Joko Widodo akan melakukan Groundbreaking terhadap 10 proyek di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara., di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Kegiatan Groundbreaking proyek IKN Nusantara tersebut, berlangsung mulai 1 sampai 3 November 2023.

Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono menjelaskan 10 kegiatan Groundbreaking berasal dari anggaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) maupun swasta.

“Beberapa pembangunan seperti mal yang terintegrasi dengan hotel dan apartemen, rumah sakit, perkantoran pemerintah,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu, 1 November 2023.

Beberapa proyek lainnya seperti, pulau suaka orangutan, bandara VVIP dan sekolah yang terdiri dari sekolah negeri dan internasional.

Dalam proyek tersebut, diperkirakan nilai investasi dari Groundbreaking kali ini sebesar Rp12,5 triliun.

Sedangkan sejauh ini, sudah ada proyek senilai Rp 23 triliun proyek di lokasi tersebut.

“Ini Sebagai bukti minat dan kepercayaan yang tinggi dari investor swasta dan pemerintah di IKN,” ungkapnya.

Lanjut Bambang, target dari pembangunan tersebut tidak hanya berupa angka saja, tetapi juga harus melahirkan kosistem positf yang bisa memberikan manfaat besar bagi Indonesia.

Dengan adanya pengerjaan proyek tersebut juga, menunjukan, sudah ada fasilitas-fasilitas bagi masyarakat yang akan pindah tahun depan.

Salah satu kegiatan Groundbreaking yang akan dilakukan adalah relokasi SDN 020 Sepaku dengan konsep dan desain baru. Sekolah itu akan dibangun di tanah yang diberikan oleh desa sekitar 400 meter dari lokasi awal.

“Dengan begitu, desain community-based development sudah ada di sekolah ini. Semoga sekolah ini bisa menjadi contoh untuk nantinya diaplikasikan di semua sekolah negeri,” ungkapnya.

Bambang mengatakan, pada lokasi suaka tersebut, nantinya orangutan yang sudah tidak muda lagi usianya dan sudah tidak bisa dilepasliarkan akan diberi perawatan.

Menurut Bambang, meski prosesnya cukup panjang, tapi disinilah pihak Otoritas IKN bisa menunjukkan bahwa mesin pertumbuhan atau pembangunan mulai berputar.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Sopiyan
Editor