TANGSELIFE.COM – Hasil pertandingan Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U23 2024. Indonesia kalah dengan skor 0-2, Senin, 29 April 2024.

Timnas Indonesia nampaknya harus mengakui perkasanya Timnas Uzbekistan di lapangan hijau. Mereka berhasil menjaga rekor kemenangan tanpa kekalahan sekalipun dalam laga Piala Asia U23 2024 ini.

Timnas Indonesia bermain luar biasa hiangga babak akhir pertandingan. Di babak pertama, Rizky Rido berhasil menanhan imbang Uzbekistan dan Ernando Ari berhasil menghalau gol di jaringnya dengan skor sementara 0-0.

Laga di babak kedua semakin panas. Baik Timnas Indonesia maupun Uzbekistan saling jual beli serangan. Meski begitu, Garuda Muda harus mengakui ketangguhan para pmain Uzbekistan.

Petaka bagi Timnas Indonesia terjadi dibabak kedua. Satu gol dari pemain Timnas Indonesia gagal diraih karena dianulir oleh wasit Shen Yinhao asal Cina.

Pil pahit kembali datang karena pemain Uzbekistan K. Nurchaev berhasil membobol gawang Ernando Ari di menit ke-68.

Gol yang dianulir dan kebobolan 0-1 membuat pemain Timnas Indonesia kehilangan kontrol emosi. Tensi pemain Garuda Muda makin tak tertahan.

Emosi makin memuncak ketika keputusan kontroversial wasit Shen Yinhao yang mengeluarkan kartu merah untuk Rizky Ridho. Padahal, insiden itu terjadi ketika Rizky sudah berhasil mengambil bola, sayang kaki pemain Uzbekistan sudah masuk terlalu dalam dan benturan pun tak daat dihindari.

Wasit Shen Yinhao kemudian memastikan tayangan ulang dalam VAR, setelah beberapa kali melihat tayangan ulang, kartu merah keluar mengusir sang kapten Timnas Indonesia dari lapangan hijau.

Kekesalan para pemain Timnas Indonesia makin tak terbendung. Belum lagi drama-drama yang dibuat oleh para pemain Uzbekistan yang seolah ‘loyo’ sehingga mudah jatuh agar dianggap pelanggaran dan merugikan Indonesia.

Petaka kembali datang bagi Garuda Muda. Gol kembali tercipta untuk Uzbekistan lantaran gol bunuh diri Pratama Arhan di menit ke-86. Saat itu, Arhan berusaha ingin membuat bola muntahan di depan mistar gawang Ernando. Sayang, niat baik malah merugikan, bola justru masuk ke dalam gawang yang seharusnya bisa diraih oleh Ernando.

Pertandingan di Stadion Abdullah bin Nasser bin Khalifa itu terus memanas. Bahkan, wasit memberikan 16 menit waktu tambahan.

Namun sayang, berbagai peluang yang tercipta belum membuahkan gol bagi Indonesia hingga akhirnya wasit utama Shen Yinhao meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Skor berakhir 0-2 untuk Uzbekistan.

Timnas Indonesia Berebut Juara 3 Piala Asia U23

Langkah Timnas Indonesia di laga Piala Asia U23 2024 ini masih berlanjut. Nantinya, Indonesia akan bermain kembali untuk perbutan juara 3 dan tiket Olimpiade Paris 2024.

Nantinya, Timnas Indonesia akan melawan tim yang kalah dalam laga Iraq vs Jepang yang akan digelar Selasa, 30 April 2024 dini hari.

Meski Indonesia kalah dari Uzbekistan, tetapi Squad Garuda Muda itu telah menunjukkan kelasnya. Mereka telah mencatatkan sejarah sepak bola Indonesia di kancah Asia hingga dapat berlangga di semifinal Piala Asia U-23 2024 itu.

Wivyh
Editor
Wivyh
Reporter