TANGSELIFE.COM– Kabar terbaru, Hendry CH Bangun terpilih menjadi Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) periode 2023-2028.

Penetapan Hendry CH Bangun sebagai Ketum PWI dilakukan setelah pelaksanan kongres ke-25 PWI di Bandung pada tanggal 25-26 September 2023.

Kongres tersebut sebelumnya dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara Jakarta.

Hendry CH Bangun terpilih menjadi Ketum PWI setelah melalui agenda pemilihan ketua umum dan berhasil meraih suara terbanyak dalam kongres.

Sebagai informasi, bahwa pemilihan ketua umum pada kongres PWI ke- 25 dimulai dari pendaftaran calon dengan diikuti tiga nama yang lolos.

Lantas, siapa sajakah nama yang lolos dalam pemilihan Ketum PWI 2023-2028?

Hendry CH Bangun Resmi Menjadi Ketua Umum PWI 2023-2028.

Sebelum Hendry berhasil terpilih menjadi Ketum PWI 2023-2028, terdapat dua nama kandidat lainnya yakni Sembiring Depari dan Zulmansyah Sakedang.

Tiga kandidat tersebut yang berhasil lolos penjariangan dan mendaftar sebagai calon ketua umum.

Diketahui sebelumnya Atal Sembiring Depari yaitu Ketua Umum PWI periode 2019-2023, Hendry Ch Bangun mantan anggota Dewan Pers, dan Zulmansyah Sakedeng selaku Ketua PWI Riau.

Ketiganya dinyatakan lolos menjadi calon ketua umum, dilanjutkan dengan penyampaian visi dan misi serta program ke depan.

Lalu, dilanjutkan dengan pemilihan suara yang diperebutkan 88 suara dari total 38 provinsi se-Indonesia.

Pada putaran pertama, Atal S Depari unggul dengan 40 suara, Hendry CH Bangun 39 suara, dan Zulmansyah 9 suara.

Hasil sengit Atal dan Hendry, dilanjutkan dengan pemilihan putaran kedua, hasilnya Hendy unggul dengan perolehan 47 suara dan Atal S mendapat 41 suara.

Dengan hasil demikian, Hendry CH Bangun terpilih menjadii Ketua Umum PWI oleh pimpinan sidang kongres PWI ke-25.

Dalam kongres ini, terpilih Sasongko Tedjo menjadi Ketua Dewan Kehormatan PWI.

Ketua Umum PWI, Hendy CH Bangun ditetapkan juga menjadi pemimpin tim formatur untuk menyusun kepengurusan PWI untuk masa bakti 2023-2028 selama satu bulan.

Usai terpilih menjadi Ketum PWI, Hendry mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang sudah mewakili tiap daerahnya.

Hendry mengatakan tantangan terbesar PWI untuk saat ini adalah mewujudkan visi dan misi.

Selain itu, Hendry juga berharap PWI bisa menjadi wadah bersama untuk semua wartawan dan menjadikan organisasi kewartawanan terbesar di tanah air.

Perjalanan Karir Hendry CH Bangun Sebagai Wartawan.

Hendry CH Bangun sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pers 2019-2022 yang terpilih sebagai anggota Dewan pers mewakili unsur wartawan.

Di PWI sendiri, Hendry telah dipercaya sebagai Sekretaris Jenderal dua periode 2009-2013 berlanjut 2013-2018.

Pada saat itu selama dua periode, Hendry mendampingi Ketua Umum PWI H Margiono dari Rakyat Merdeka Grup.

Hendry CH mengawali karirnya sebagai wartawan mulai dari Majalah Sportif Jakarta tahun 1982, dilanjutkan menjadi wartawan Harian Kompas Jakarta sampai 2018.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife