TANGSELIFE.COM- Sebanyak 22.368 hewan kurban di Kabupaten Tangerang dinyatakan aman untuk disembelih saat Idul Adha 1444 Hijriah ini.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang menyatakan 22.368 hewan kurban di daerah itu sudah mendapat sertifikasi kesehatan.

Jadi, hewan kurban di Kabupaten Tangerang itu aman dikonsumsi dagingnya usai disembelih saat Idul Adha 2023.

“Total 22.368 hewan kurban di Kabupaten Tangerang yang sudah mendapat sertifikasi sehat,” terang Kepala DPKP Kabupaten Tangerang Asep Jatnika, Selasa, 27 Juni 2023.

Dia juga mengatakan hewan kurban di Kabupaten Tangerang itu dijual di 460 titik lapak penjualan hewan yang ada di Kabupaten Tangerang.

Adapun rincian hewan kurban di Kabupaten Tangerang itu terdiri dari kambing sebanyak 3.164 ekor, sapi 6.351 ekor, domba 12.180 ekor dan kerbau 13 ekor.

“Dari seluruh hewan ternak/kurban yang kita periksa itu tidak ada yang terindikasi penyakit mulut dan kuku (PMK) atau lumpy skin disease (LSD),” papar Asep juga.

Dia juga mengatakan atas hasil pemeriksaan kesehatan hewan tersebut, pihaknya memberikan tanda pemasangan stiker pada lapak-lapak penjual hewan kurban.

“Saat pemotongan hewan nanti, kami juga akan mengerahkan 100 petugas untuk mengecek daging kurban yang disembelih,” paparnya juga.

Sebelumnya, sebanyak 100 petugas kesehatan dari DPKP Kabupaten Tangerang telah diterjunkan untuk memeriksa kesehatan hewan kurban di daerahnya tersebut.

Pengecekan hewan kurban di Kabupaten Tangerang itu untuk mencegah munculnya penyakit mulut dan kuku (PMK) serta lumpy skin disease (LSD).

Ratusan petugas kesehatan  itu melakukan pemeriksaan dan pengawasan di titik-titik lokasi penjualan hewan dari 29 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang.

Selain itu, saat pemeriksaan kesehatan hewan kurban di Kabupaten Tangerang juga dilakukan emeriksaan administrasi vaksin dan fisik hewan.

Jumlah Hewan Kurban di Kabupaten Tangerang Diprediksi Meningkat 10 Persen

Selama masa Idul Adha 2023 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang memprediksi kebutuhan hewan kurban di wilayahnya itu naik sebesar 10 persen.

Kenaikan 10 persen jumlah hewan yang akan dikurbankan pada tahun 2023 ini dibandingkan tahun 2022.

Pada tahun 2022 lalu, DPKP Kabupaten Tangerang telah mencatat kebutuhan hewan kurban di daerahnya mencapai 22.315 ekor.

Dengan rincian sebanyak 4.352 hewan kurban sapi, 34 ekor kerbau, 4.670 ekor domba dan 3.290 ekor kambing.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow