TANGSELIFE.COM – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan konstruksi Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B telah rampung.

Dengan rampungnya Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B, maka jaringan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 akan tersambung penuh.

Tol Cimanggis-Cibitung (Cimaci) merupakan bagian jaringan Tol JORR 2 yang menyambung dengan Jalan Tol Cinere-Jagorawi, serta Jalan Tol Jagorawi di bagian barat.

Adapun di bagian utara, Tol Cimaci tersambung dengan Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Cibitung-Cilincing.

Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Sudah Uji Laik Fungsi (ULF)

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR bersama dengan badan usaha jalan tol (BUJT) PT Cimanggis Cibitung Tollways telah melaksanakan proses uji laik fungsi (ULF) pada ruas Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B.

ULF yang dilakukan merupakan rangkaian terakhir sebelum Jalan Tol Cimanggis–Cibitung Seksi 2B Nagrak–Cibitung dioperasikan.

“ULF pada Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Segmen Nagrak-Cibitung yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 ini telah dilakukan pada 11 hingga 14 Juni 2024,” keterangan BPJT di laman resminya, Rabu 26 Juni 2024.

Pelaksanaan ULF turut dihadiri oleh perwakilan ari Direktorat Jenderal Bina Marga, BPJT, Direktorat Jalan Bebas Hambatan, Ditjen Perhubungan Darat, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional DKI Jakarta–Jawa Barat, dan Korlantas Polri.

ULF dilakukan guna memastikan seluruh spesifikasi teknis, persyaratan, maupun perlengkapan Jalan Tol Cimaci Seksi 2B Nagrak–Cibitung telah sesuai standar manajemen dan keselamatan lalu lintas.

Setelah rangkaian ULF dilaksanakan akan dilakukan perbaikan atas pemeriksaan hasil oleh tim ULF hingga diterbitkannya sertifikat operasi.

Jalan Tol Cimaci terdiri atas 2 seksi yakni Seksi 1A Junction Cimanggis–Jatikarya dan Seksi 2A ruas Jatikarya–Nagrak.

Saat ini, kedua seksi tersebut telah beroperasi.

Jalan Cimaci akan menjadi akses penghubung dari wilayah Cibubur ke Jalan Tol Jagorawi.

Apabila Jalan Tol Cimanggis-Cibitung beroperasi penuh, maka akan langsung tersambung dengan jaringan Jalan Tol JORR 2 lainnya yakni, Jalan Tol Cengkareng-Kunciran, Kunciran-Serpong, Serpong-Cinere, Cinere-Jagorawi, dan Cibitung-Cilincing.

Dengan terhubungnya seluruh jaringan Jalan Tol JORR 2, maka struktur jaringan jalan kawasan Jabodetabek yang telah memiliki jaringan tol lingkar dalam kota dan Jakarta Outer Ring Road (JORR) I makin lengkap.

Selain itu, Jalan Tol Cimaci akan tersambung dengan Jalan Tol Trans Jawa ruas Jakarta-Cikampek serta menjadi salah satu solusi mengurangi kepadatan lalu lintas dari ruas Tol Cikampek yang menuju Jakarta atau mengarah ke wilayah Bogor.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Whatsapp Channel Tangselife di Ponsel Kamu
Dien
Reporter