TANGSELIFE.COM – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan blacklist terhadap pendaftar mudik gratis yang tidak menggunakan tiketnya.

Kemenhub menegaskan, Nomor Induk Kependudukan (NIK) milik pendaftar mudik gratis Lebaran 2024 yang tak melakukan validasi ulang akan dikunci.

Dengan demikian, pendaftar yang tidak menggunakan tiketnya tidak punya kesempatan lagi jika ingin mengikuti program mudik gratis lainnya.

Kebijakan blacklist atau daftar hitam tersebut mulai diterapkan Kemenhub pada periode mudik Lebaran 2024 ini.

“Kalau tahun ini mendaftar dan tidak dipakai, maka akan di-blacklist,” tegas Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Amirullah dalam konferensi pers di Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Jumat 22 Maret 2024.

“NIK-nya akan kami kunci dan kalau ada mudik gratis atau kegiatan lain, dia tidak akan bisa lagi mendapatkan kesempatan,” jelasnya.

Kemenhub: Masyarakat Kita Kurang Menghargai

Dijelaskan Amirullah, kebijakan blacklist daftar pemudik yang tidak menggunakan tiketnya merupakan hasil evaluasi mudik gratis Lebaran tahun lalu.

Para program mudik gratis 2023, ditemukan sekitar 1.500 warga yang melakukan pendaftaran ke semua penyelenggara program mudik gratis.

Tindakan tersebut menyebabkan banyak kuota terbuang, sehingga tak sedikit warga yang tidak bisa mengakses dan mendapatkan tiket mudik gratis.

“Ini menjadi contoh bahwa masyarakat kita kurang menghargai, ini perlu penekanan,” kata Amirullah.

Jumlah Penumpang Mudik Gratis Lebaran 2024

Menurut catatan Kemenhub, jumlah penumpang mudik gratis Lebaran 2024 dengan moda bus naik 21,84% secara year-on-year (YoY).

Sementara pada periode Lebaran 2023, realisasi penumpang mudik gratis dengan bus tercatat sebanyak 24.695 orang.

Tingginya animo masyarakat untuk ikut mudik gratis dengan bus membuat Kemenhub menaikkan kuota penumpang mudik gratis Lebaran 2024 menjadi 30.088 penumpang.

“Kuota penumpang ini meningkat 21,84% dibandingkan kuota 2023 lalu. Ini sangat tinggi animonya,” tutur Amirullah.

Saat ini, seluruh 30.088 kuota penumpang yang disediakan telah habis dipesan.

Dengan rincian, sebanyak 29.411 orang atau 97,75% pendaftar mudik gratis bus telah melakukan validasi data.

Sedangkan sisanya sebanyak 635 orang atau 2,11% belum melakukan validasi data.

Adapun jumlah moda transportasi yang disediakan pada mudik gratis Lebaran 2024 ini sebanyak 722 unit bus dan 30 unit truk.

Sementara itu, alokasi untuk pengangkutan sepeda motor sebanyak 900 unit.