TANGSELIFE.COM – Apple diperkirakan akan meluncurkan seri iPhone 16 pada September 2024 yang mencakup empat model seperti iPhone 16, 16 Plus, 16 Pro, dan 16 Pro Max.

Terdapat beberapa bocoran mengenai perubahan desain pada lini iPhone seri 16. Salah satunya adalah penambahan tombol baru untuk kedua lini iPhone 16 dan 16 Pro.

Selain itu, iPhone seri 16 Pro juga dirumorkan hadir dengan ukuran layar yang lebih besar.

Bocoran lain mengungkapkan kalau model iPhone seri 16 reguler akan menghadirkan desain modul kamera baru. Lantas, apa saja perbedaannya dengan iPhone 15?

Untuk mengetahui bocoran lebih lanjut mengenai desain iPhone seri terbaruĀ  yang segera dirilis September 2024 mendatang. Simak penjelasannya di bawah ini yuk.

iPhone 16 Tampil dengan Desain Kamera Baru

Bocoran iPhone 16

Apple memungkinkan mengubah peletakan kamera pada iPhone 16 dan 16 Plus.

Dilaporkan dari MacRumors, kamera dari ponsel tersebut akan diletakkan secara vertikal, mirip seperti iPhone 12.

Salah seorang reviewer Australia, Trevor Long, mengklaim telah menerima unit dummy dari iPhone 16.

Walaupun bukan ponsel sungguhan, tapi model tiruan tersebut dibuat untuk membantu perancang casing iPhone mengetahui ukuran ponsel baru Apple tersebut sebelum dirilis.

Dari desain dummy tersebut memperlihatkan desain kamera dari iPhone 16 yang berorientasi vertikal, sama seperti yang ditunjukkan MacRumors. Namun, tak ada alasan jelas mengapa Apple mengubah letak kamera tersebut.

Sedangkan menurut 91Mobiles, desain kamera dari iPhone seri 16 Pro dan Pro Max akan mirip seperti seri iPhone terdahulunya.

Hadirnya Tombol Kamera dan Action Button

Berdasarkan analisis Mark Gurman, iPhone 16 akan memiliki tombol khusus untuk memotret dan merekam video.

Kendati demikian, kehadiran tombol tersebut masih belum jelas apakah akan tersedia di seluruh seri 16 atau hanya varian Pro saja.

Bocoran lain mengabarkan kalau Apple menghadirkan Action Button di seluruh iPhone seri 16. Menurut MacRumors, kedua tombol tersebut merupakan tombol kapasitif, bukan tombol fisik.

Action Button tersebut nantinya berfungsi sebagai tombol pintasan untuk membuka kamera atau perintah lainnya.

Tombol tersebut saat ini hanya tersedia di lini iPhone 15 Pro.

Ukuran Layar Lebih Luas

Bocoran iPhone 16

Ukuran layar dari lini iPhone Pro punya \qukuran tetap sama selama bertahun-tahun.

Namun, beberapa rumor mengungkapkan kalau layar dari iPhone seri 16 Pro dan 16 Pro Max akan lebih besar dari pendahulunya.

Layar iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max kini masing-masing berukuran 6,1 dan 6,7 inci.

MacRumors melaporkan, layar dari iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max akan memiliki ukuran yang lebih besar, yakni 6,2 atau 6,3 inci untuk 16 Pro.

Sedangkan untuk lini Pro Max akan berukuran 6,8 atau 6,9 inci.

Walaupun peningkatan tersebut tak terlihat signifikan, namun untuk perangkat seperti smartphone, lompatan ukuran tersebut merupakan peningkatan yang cukup terasa.

Varian Warna iPhone 16

Apple memungkinkan merilis warna terbaru untuk lini iPhone 16 dan 16 Pro.

Apabila rumor dari situs Weibo benar, iPhone seri 16 Pro dan Pro Max akan hadir dalam warna space black, gray, rose, dan white.

Bocoran tersebut turut diunggah oleh leaker terkemuka ShrimApplePro di X.

Varian warna yang dimiliki oleh lini iPhone 16 Pro akan berbeda dari pilihan warna iPhone 15 Pro dan Pro Max yang mencakup warna natural titanium, blue titanium, white titanium, dan black titanium.

Dwi Oktaviani
Editor
Dwi Oktaviani
Reporter