TANGSELIFE.COM– Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan mengimbau kepada warganya yang mudik untuk melakukan beberapa hal agar mudik Lebaran Idul Fitri 2023 nyaman dan aman.

Ini karena pada H-3 Lebaran Idul Fitri 2023 jumlah pemudik terus meningkat, baik menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Atas dasar itu lah, Pilar Saga meminta agar sebelum meninggalkan rumah wajib mematikan saluran listrik, mengunci rumah, dan peralatan masak seperti gas dipastikan sudah dimatikan. 

Selain itu juga yang terpentingi, para pemudik yang akan meninggalkan rumahnya dalam keadaan kosong berkoordinasi dengan ketua RT dan RW di lingkungan sekitar dan aparat kepolisian terdekat.

“Kami Pemkot Tangsel mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Tangsel yang ingin mudik memperhatikan keamanan dan kondisi rumahnya,” ujar pria yang akrab disapa Bang Pilar ini, Selasa, 18 April 2023.

Terutama dari segi keamanan yakni kemungkinan kejahatan pencurian yang dilakukan oleh para pelaku pencurian rumah kosong (rumsong) yang ditinggalkan mudik.

“Kondisi saat ini berbeda dengan kondisi dua tahun terakhir karena pandemi COVID-19 warga tidak banyak yang mudik. Kalau sekarang, warga banyak yang mudik maka keamanan harus jadi perhatian,” terangnya juga. 

Guna menjamin keamanan rumah pemudik, Pemkot Tangsel telah menyiagakan personel, mulai dari Dinas Perhubungan (Dishub), Satpol PP, tenaga medis dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP).

“Pemkot Tangsel menyiagakan petugas Dishub, Satpol PP, Damkar dan juga tenaga medis yang akan berjaga. Kami bekerjasama dengan Polres Tangerang Selatan,” papar Pilar juga. 

Jadi saat hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah nanti, warga yang mudik ke kampung halamannya untuk bersilaturahmi dengan keluarganya bisa tenang meninggalkan rumahnya.

Sementara itu, Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Faisal Febrianto menjelaskan untuk pelaksanaan Operasi Ketupat Jaya pihaknya menyiagakan 500 personel. 

Polisi dikerahkan berjaga di titik-titik lokasi yang dianggap rawan gangguan Kamtibmas. Selain itu juga, nantinya polisi itu akan melakukan patroli di sekitar rumah kosong yang ditinggalkan mudik.