TANGSELIFE.COM – Debat Capres-Cawapres kini akan memasuki debat untuk Cawapares, yang rencananya akan digelar pada 22 Desember 2023.

Sama seperti debat sebelumnya, akan ada tema atau isu strategis yang akan di laksanakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Pada debat Capres-Cawapres kedua ini, akan mengusung beberapa tema, yang akan menampilkan seperti apa gagasan dari Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming dan Mahfud Md.

Untuk tema yang dibahas dalam debat kedua ini, yaitu Ekonomi, Keuangan, Investasi, Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan perkotaan.

Segmen Debat Capres-Cawapres

Dalam debat kedua nanti, meski pun debat ini perdana bagi Cawapres namun tidak ada perubahan format, tetap dengan enam segmen.

Segmen pemaparan visi dan misi, segmen menjawab pertanyaan panelis, segmen saling tanya dan jawab, serta segmen penutup.

Analis politik dari Universitas Al Azhar, Ujang Komaruddin, menilai para Cawapres harus mempersiapkan diri sebaik mungkin.

“Dengan tema-tema itu, tentunya tetap harus dipersiapkan sebaik mungkin yang sesuai dengan visi dan misi yang mereka usung,” ujarnya.

Ujang juga mengatakna, bahwa ketiga Cawpares ini tentu memiliki keunggulan dan kekuranganya masing-masing.

Seperti Muhaimin sebagai politisi dan mantan aktivis serta menjabat sebagai Wakil Ketua MPR.

Gibran kandidat paling muda yang saat ini menjabat sebagai Walikota Solo, dan juga putra Presiden Jokow Widodo.

Serta Mahfud Md merupakan seorang politikus senior dan akademisi yang kini menjabat Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan.

Sopiyan
Editor