TANGSELIFE.COM – PT Hutama Karya (Persero) akan mengoperasikan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) pada momentum mudik Lebaran 2024.

Nantinya, direncanakan ada tiga ruas Jalan Tol Trans-Sumatera sepanjang 113,45 kilometer yang dioperasikan secara fungsional.

Tiga ruas Jalan Tol Trans-Sumatera yang difungsikan tersebut antara lain:

– Tol Bangkinang-Tanjung Alai sepanjang 24,7 kilometer;

– Tol Lima Puluh-Kisaran sepanjang 32,15 kilometer; serta

– Tol Kuala Tanjung-Indrapura sepanjang 9,47 kilometer dan Tebing Tinggi-Sinaksak sepanjang 47,13 kilometer.

Kesiapan Jalan Tol Trans-Sumatera

Selain memastikan kesiapan layanan operasional, PT Hutama Karya membentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) Siaga Mudik Lebaran 2024 pada Apel Siaga terpusat di Rest Area KM 118 Jalur Jalan Tol Indrapura-Kisaran, Kamis 28 Maret 2024.

tol Kisaran Indrapura
ruas jalan tol Indrapura-Kisaran. Foto: YouTube Hutama Karya

Di samping itu turut dilakukan pengecekan kendaraan siaga seperti kendaraan patroli, rescue, ambulans, derek dan lainnya, serta peluncuran panduan mudik bertajuk ‘Trans-Sumatera Ramadhan Guidebook 2024’.

Kemudian, dimulainya pelayanan arus mudik dan arus balik Lebaran 2024 di JTTS pun dilakukan secara simbolis dengan menekan tombol sirine.

Tak hanya jalan tol, rest area sepanjang JTTS rencananya akan dioperasikan secara fungsional pada momen Mudik Lebaran tahun ini.

Ada sebanyak 21 rest area yang terdiri dari 9 rest area permanen, rest area sementara, dan rest area fungsional.

PT Hutama Karya juga menyiapkan sejumlah strategi untuk mencegah tejadinya kepadatan di gerbang tol (GT).

Lebih lanjut, Executive Vice President (EVP) Sekretaris Hutama Karya Tjahjo Purnomo berpesan agar para pengguna jalan tol tertib saat mudik Lebaran nanti.

“Hutama Karya mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk berkendara sesuai dengan tata tertib dan ketentuan yang berlaku di jalan tol,” tegas Tjahjo melalui keterangan tertulis, Kamis 28 Maret 2024.

“Berkendara dengan kecepatan minimum 60 kilometer per jam dan maksimum 100 kilometer per jam, dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat,” pungkasnya.