TANGSELIFE.COM – PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengimbau pemudik agar tak berlama-lama di rest area jalan tol pada arus balik Lebaran 2024 ini.

Oleh sebab itu, pemudik diminta untuk memperhatikan batas waktu penggunaan rest area, khususnya di jalan tol Trans Jawa.

Adapun lama waktu bagi pemudik yang ingin beristirahat di rest area sepanjang jalan tol menuju Jakarta dibatasi maksimal 30 menit.

Pembatasan waktu tersebut merupakan salah satu upaya mengurai kepadatan, sehingga ada waktu untuk bergantian dengan pengendara lainnya yang ingin beristirahat di tempat yang sama.

Puncak Arus Balik Lebaran 2024, Rest Area Terpantau Padat

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, puncak arus balik Lebaran 2024 diperkirakan terjadi pada Minggu 14 April hingga Senin 15 April 2024.

Direktur Utama PT Jasa Marga Related Business (JMRB), Denny Abdurachman mengatakan, Rest Area KM 62B dan KM 97B yang terpantau cukup padat per hari Senin 15 April.

“Saat ini, rest area yang terpantau padat pada arus balik adalah Rest Area KM 62B Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta karena melayani pengguna jalan dari arah Jalan Tol Trans Jawa dan Jalan Tol Cipularang sekaligus,” ujarnya.

“Selain itu, Rest Area KM 97B Jalan Tol Cipularang arah Jakarta juga terpantau padat,” terang Denny.

Guna mengoptimalkan kapasitas parkir dan flow kendaraan, pihak Jasa Marga mengerahkan petugas dan mengatur perambuan keluar masuk rest area.

Selain itu, Jasa Marga turut menambah sejumlah fasilitas seperti 599 bilik toilet fungsional di Rest Area Jasa Marga Group.

“Jasa Marga juga mengubah fungsi toilet permanen pria menjadi toilet wanita dan pengunjung pria dapat menggunakan toilet fungsional.”

“Hal ini karena wanita cenderung menghabiskan waktu yang lebih lama di toilet,” terang Denny.

Lebih lanjut, Denny menyarankan agar pengguna jalan membawa perbekalan atau melakukan take away makanan di rest area.