TANGSELIFE.COM – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan pemantauan stok dan harga bahan pokok di sejumlah pasar tradisional.

Kepala Bidang Stabilisasi Harga Bahan Pokok Penting dan Pengawasan Disperindag Kota Tangsel, Gazali Ahmad mengatakan, pemantauan dilakukan di 6 (enam) pasar tradisional yang ada di Kota Tangsel.

Pemantauan stok dan harga sejumlah bahan pokok dilakukan dalam rangka melakukan pemantauan ketersediaan barang menjelang perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2024.

“Dalam rangka perayaan Natal dan Tahun Baru, Dinas Indag melakukan pengawasan secara berkala yang memang merupakan tugas kami,” kata Gazali kepada Tangselife.com, Selasa, 12 Desember 2023

Gazali mengungkapkan, berdasarkan hasil pemantauan pihaknya, sejumlah stok bahan pokok dipastikan aman hingga Nataru 2024.

Meski demikian, Gazali menyebut, terdapat beberapa komoditi terpantau mengalami sedikit kenaikan harga.

“Stok Insya Allah aman namun memang ada beberapa komoditas yang harganya masih tinggi diatas HET (Harga Eceran Tertinggi, red),” ujarnya.

Gazali mengungkapkan, masyarakat yang ingin mengetahui update harga bahan pokok dan komoditi lainnya dapat melihat di website Pantau Harga (PAGAR) TANGSEL.

Dalam sistem website tersebut, Disperindag memberikan informasi terkait kenaikan atau penurunan harga secara tepat.

“Untuk masyarakat dapat melihat harga perharinya di apliaksi Pagar Tangsel atau website Pagar Tangsel,” pungkasnya.

Harga Berdasarkan Pantauan Disperindag Tangsel

Berdasarkan pantauan Disperindag Tangsel, per tanggal 11 dan 12 Desember 2023 untuk beras dengan kualitas premium berada dikisaran harga Rp13.000 hingga Rp13.900 per kilogram.

Harga tersebut tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan harga pada 2 bulan lalu yang mencapai Rp14.200 per kilogram.

Untuk Gula, harga dipasaran saat ini dikisaran Rp16.700 per kilogram, mengalami kenaikan jika dibandingkan 2 bulan lalu yang mencapai Rp15.400 per kilogram.

Minyak goreng kemasan 2 liter juga terpantau mengalami kenaikan harga menjadi Rp39.250 jika dibandingkan 2 bulan lalu yang harganya mencapai Rp38.600.

Untuk harga cabai keriting saat ini mencapai Rp88.350 per kilogram, harga itu naik signifikan jika dibandingkan 2 bulan lalu yang hanya sebesar Rp40.400 per kilogram.

Cabai rawit merah saat ini menyentuh harga Rp101.400 per kilogram, naik signifikan jika dibandingkan 2 bulan lalu yang hanya Rp43.800 per kilogram.

Sedangkan cabai merah besar harganya juga naik menjadi Rp106.100 per kilogram, mengalami kenaikan jika dibandingkan 2 bulan lalu yang mencapai Rp44.450 per kilogram.

Kenaikan harga juga terjadi di komoditas bawang merah, saat ini bawang merah menyentuh harga Rp34.900 per kilogram, naik signifikan jika dibandingkan 1 bulan lalu yang hanya Rp31.700 per kilogram.

Sementara untuk bawang putih, harga justru mengalami penurunan menjadi Rp35.950 jika dibandingkan 1 bulan lalu yang harganya Rp37.250 per kilogram. (Andre Pradana)

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Whatsapp Channel Tangselife di Ponsel Kamu