TANGSELIFE.COM- Sebanyak 92 jemaah haji Kabupaten Tangerang 2023, Provinsi Banten, tertunda kepulangannya ke Tanah Air.

Penundaan kepulangan 92 jemaah haji itu yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 11 JKG debarkasi Asrama Haji Pondok Gede.

Ternyata tertundanya kepulangan puluhan jemaah haji Kabupaten Tangerang 2023 itu karena kekurangan kursi pesawat.

“Dari 390 jemaah haji Kabupaten Tangerang 2023  kloter 11 yang pulang baru 298 orang,” terang Plt Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tangerang, Hariri, Minggu, 9 Juli 2023.

Dia juga mengatakan sisa 92 jemaah haji Kabupaten Tangerang 2023 kloter 11 itu akan tiba di Tanah Air pada Senin, 10 Juli 2023.

Sisa sebanyak 92 rombongan jemaah haji Kabupaten Tangerang 2023 itu terbang bersama rombongan haji asal Kota Tangerang.

“Insya Allah sisanya akan diterbangkan besok. Ini terjadi karena pesawat yang digunakan kecil jadi tidak terbawa semua,” katanya juga.

Jadi karena kursi pesawat tidak mencukupi, maka jemaah haji Kabupaten Tangerang 2023 kloter 11 diterbangkan dua hari kemudian dari Arab Saudi.

Hariri juga mengatakan dari 390 jemaah haji kloter 11 itu satu orang meninggal dunia karena sakit di Tanah Suci.

Jemaah haji Kabupaten Tangerang 2023 yang meninggal saat menjalakan ritual ibadah haji itu bernama Mistar asal Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang

“Jemaah haji bernama Mistar ini dari awal memang sudah terindikasi punya riwayat penyakit paru-paru,” katanya juga.

“Kemungkina kelelahan ketika menjalankan rangkaian ibadah haji. Meski sudah mendapatkan perawatan medis tapi  tidak tertolong,” paparnya.

Hariri juga menjelaskan, tibanya 298 jemaah haji asal Kabupaten Tangerang 2023 ini maka  tersisa tujuh kloter lagi yang belum dipulangkan.

“Empat kloter itu semua jemaah asal Kabupaten Tangerang dan yang lima kloter gabungan,” lanjutnya.

Keluarga Antusias Jemput Jemaah Haji Kabupaten Tangerang 2023

Untuk diketahui, 298 jemaah haji Kabupaten Tangerang 2023 kloter 11 JKG tiba di Kabupaten Tangerang pada Sabtu, 8 Juli 2023 dini hari.

Ratusan jemaah haji kloter 11 itu  tiba di halaman kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tangerang pada pukul 01.30 WIB.

Sebanyak 298 jemaah haji asal Kabupaten Tangerang 2023 itu datang diangkut menggunakan 7 bus dari Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Meski tiba dinihari tapi para penjemput terlihat antusias menyambut kedatangan ratusan jemaah haji di kantor Kemenag Kabupaten Tangerang.

Para keluarga penjemput itu rela berdesakan di pintu gerbang kantor Kemenag Kabupaten Tangerang hingga membuat jemaah haji kesulitan saat akan keluar.

Tapi kondisi itu tidak berlangsung lama karena datangnya puluhan petugas dari Kodim 0510/Tigaraksa dan Satpol PP Kabupaten Tangerang.

Petugas itu meminta agar penjemput jemaah haji asal Kabupaten Tangerang 2023 bersabar da suasana kembali tertib.