TANGSELIFE.COM– Rombongan kedua jemaah haji Kabupaten Tangerang telah dilepas keberangkatannya oleh Wakil Bupati Tangerang Mad Romli.

Mad Romli melepas jamaah haji kloter 23 JKG asal Kabupaten Tangerang itu usai salat subuh di Aula Masjid Agung Al Amjad, Tigaraksai, Rabu 31 Mei 2023.

Saat ini, sebanyak 393 jemaah haji asal Kabupaten Tangerang itu telah sampai di Asrama Haji Pondok Gede menunggu keberangkatan ke Tanah Suci melalui Bandara Soekarno-Hatta, Kamis, 1 Juni 2023.

Jemaah Haji Kabupaten Tangerang
Rombongan warga kampung Balaraja yang mengantarkan salah satu tetangganya pergi haji rela bermalam dan makan di pinggir trotoar pada Rabu, 31 Mei 2023 dinihari.

Mad Romli mengatakan kalau 393 jemaah haji kelompok terbang (kloter) 23 JKG itu merupakan keberangkatan kedua asal Kabupaten Tangerang.

Dalam sambutannya, dia mendoakan semoga semua proses yang dilalui oleh jemaah haji Kabupaten Tangerang berjalan lancar.

“Kita berharap semoga jemaah haji kloter 23 JKG dalam perjalanan diberikan kelancaran dan setelah pulang jadi haji mabrur,” ucap Mad Romli.

Mad Romli juga berpesan kepada seluruh rombongan jamaah haji untuk menjaga fisik dan kesehatan, mengingat kondisi cuaca yang tidak bersahabat di Tanah Suci.

“Jaga kondisi fisik bapak dan ibu sekalian karena di Arab Saudi cuaca sangat panas. Segera temui tim dokter jika mulai merasakan gangguan kesehatan,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tangerang Ade Baijuri mengatakan kelompok kedua jemaah haji asal Kabupaten Tangerang berjumlah  393 orang.

“Rombongan kelompok kedua jemaah haji Kabupaten Tangerang itu termasuk para petugas haji yang mendampingi,” terangnya.

Ade Baijuri juga mengatakan kalau rombongan kedua jemaah haji asal Kabupaten Tangerang itu terdapat 7 orang jemaah lansia atau lanjut usia.

“7 orang jemaah haji lansia itu akan jadi prioritas pengawasan petugas haji. Terutama di Tanah Suci saat melakukan rukun haji,” ungkapnya lagi.

Tradisi Satu Kampung Antar Jemaah Haji Kabupaten Tangerang

Sementara itu, pelepasan jemaah haji asal Kabupaten Tangerang membuat kawasan Masjid Al Amjad yang berlokasi di kawasan Puspemkab Tangerang, Kecamatan Tigaraksa, ramai.

Meski pemberangkatan jemaah haji itu usai salat subuh, Rabu, 31 Mei 2023 tapi sejak Selasa, 30 Mei 2023 malam kawasan Masjid Al Amjad sudah ramai.

Keramaian itu terjadi karena banyaknya keluarga dan tetangga para calon jemaah haji Kabupaten Tangerang ikut mengantarkan jemaah haji yang hendak berangkat tersebut.

Pantauan, keramaian pemberangkatan jemaah haji asal Kabuapaten Tangerang di Masjid Al Amjad itu trjadi sejak Selasa, 30 Mei 2023 pukul 23.00 WIB.

Bahkan, sejumlah warga kampung di Kecamatan Balaraja ramai-ramai mengantarkan salah satu warganya yang hendak pergi ke Tanah Suci tersebut.

Mereka bahkan rela bermalam di sekitar kawasan Masjid Al Amjad hanya untuk mengantarkan satu orang tetangganya yang berangkat haji tersebut.

“Di kampung kami memang sudah tradisi kalau ada satu orang yang berangkat haji, kami ramai-ramai mengantarkan,” terang Warsih, warga Balaraja.

Dia mengaku hanya ingin mencari berkah dari mengantarkan keberangkatan haji tetangganya tersebut. “Mudah-mudahan bisa ikutan berangkat haji juga nanti,” ujarnya.

Warsih juga mengatakan karena keberangkatan usai subuh, maka dirinya dan puluhan warga kampung rela bermalam di sekitar Masjid Al Amjad tersebut.

Bahkan, warga satu kampung itu membawa bekal makanan dari rumah yang mereka santap beramai-ramai di trotoar sekitar Masjid Al Amjad.

“Seperti ini memang kekompakan warga kampung kami. Kami rela bermalam di sini. Karena mencari berkah,” papar Warsih lagi.

Keramaian sekitar Masjid Al Amjad bertambah dengan hadirnya belasan pedagang yang berjualan untuk mengais rezeki pada malam Selasa, 30 Mei 2023 hingga Rabu, 31 Mei 2023 hingga menjelang pagi tersebut.

Banyak pedagang yang berjualan makanan, minuman dan juga pakaian serta pedagang mainan anak-anak membuat lokasi sekitar Masjid Al Amjad ramai hingga pagi.