TANGSELIFE.COM– Sebanyak 132 jemaah haji Kabupaten Tangerang berusia lanjut dibekali manasik haji khusus.

Manasik haji khusus untuk jemaah lanjut usia (lansia) di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, itu akan dilakukan oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Untuk diketahui, Kemenag akan memberangkatkan 67.000 calon jamaah haji lanjut usia yang berusia 65 tahun ke atas dari seluruh Indonesia.

Jemaah haji Kabupaten Tangerang
Bupati Tangerang secara resmi melepas keberangkatan jemaah haji asal Kabupaten Tangerang pada 1443 H/2022 lalu.

Jumlah jemaah lansia itu setara 30 persen dari total sebanyak 203.320 kuota haji tahun 2023 yang diberikan Pemerintah Arab Saudi.

Kepala Kemenag Kabupaten Tangerang Ade Baijuri mengatakan kalau ibadah haji 2023 ini memang memprioritaskan jemaah lansia.

“Kemenag memiliki program prioritas yaitu haji ramah lansia. Karena itu jemaah lansia  akan diberikan materi khusus,” terangnya Senin 22 Mei 2023.

Dia juga mengatakan materi khusus manasik haji itu akan disampaikan oleh narsumber terkait kebijakan pelayanan khusus untuk jemaah lansia.

Selain itu juga, petugas haji Kabupaten Tangerang juga telah diberikan pembelajaran khusus untuk membantu jemaah lansia saat di Tanah Suci nanti.

“Berbagai fasilitas juga akan di sediakan oleh pemerintah seperti kursi roda dan semua yang dibutuhkan para lansia,” papar Ade Baijuri juga. 

Sebanyak 217 Jemaah Haji Kabupaten Tangerang Tidak Lunasi BPIH

Sementara itu, sebanyak 217 calon jemaah haji Kabupaten Tangerang tidak melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH).

Jumlah 217 calon jemaah itu terdata pada hari terakhir batas waktu perpanjangan pelunasan tahap kedua yang ditutup pada 19 Mei 2023 lalu.

Kepala Kemenag Kabupaten Tangerang Ade Baijuri mengatakan, sesuai surat edaran Ditjen PHU perpanjangan waktu tahap kedua pelunasan BPIH ditutup pada 19 Mei 2023.

“Jadi yang belum melunasi BPIH sesuai data yang kami terima sebanyak 217 jemaah calon haji,” ujarnya.

Ade Baijuri juga memaparkan calon jemaah haji asal Kabupaten Tangerang yang harus melunasi BPIH berjumlah 1.984.

Tapi hingga batas waktu terakhir perpanjangan pelunasan tahap kedua tersebut, hanya 1.769 jemaah calon haji yang melakukan pembayaran.

Dengan tidak dilunasinya BPIH oleh 217 jemaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci itu maka mereka digantikan oleh jemaah haji cadangan.

“Jadi secara sistem, jemaah calon haji cadangan yang sudah melunasi biaya perjalanan ibadah haji akan menggantikan calon jemaah yang tidak melunasi BPIH,” paparnya juga.

Ade juga menjelaskan kalau kloter pertama jemaah haji asal Kabupaten Tangerang akan diberangkatkan pada Kamis 25 Mei 2023.

Lokasi pemberangkatannya jemaah haji pertama asal Kabupaten Tangerang itu dilakukan di Masjid Al-Amjad, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.